Oleh KRISNA ILHAM SYAHPUTRA
Modifikasi Motor Drag di Surabaya: Modifikasi Motor Drag Satu Unit Motor Dibutuhkan Biaya hingga 15-20 juta Â
Guna memodifikasi satu unit motor drag dibutuhkan setidaknya lumayan untuk merogoh kocek.
"memang kesulitan dalam memodifikasi motor drag itu terletak pada dana yang dipakai,"
Namun, sebagai pecinta otomotif dan hobi balap tentu ada kepuasan tersendiri meskipun dana yang dipakai cukup besar.
Di Indonesia sendiri balapan ini juga banyak diminati oleh kaum pria dan hawa. Sementara itu banyak pula yang memiiki kesempatan untuk turun balap resmi, tapi tidak sedikit pula yang memilih untuk balapan liar.
Untuk membuat motor drag tidak harus membeli motor khusus, banyak modifikasi motor pribadi dibuat menjadi motor drag yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Tapi bagaimanakah cara membuat motor drag ini? Dan berikut ini adalah ulasan dan informasi selengkapnya.
1.MENGGANTI SASIS DRAG
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergantian sasis motor. Pasalnya sasis harus benar-benar ringan untuk sebuah motor drag. Akan tetapi hal ini adalah merupakan salah satu yang akan menguras biaya.
Jika sasis versi impor Jepang, untuk sasis drag mencapai 10-25 juta rupiah. Akan tetapi untuk sasis standart balapan di Indonesia terutama di Surabaya berkisar 3-5 juta rupiah.
2.KAKI-KAKI DRAG BIKE
Hitunganya pun akan berbeda jika diameter ban tidak cocok. Semakin besar kapasitas dan diameter ban dipeperkecil karena hatus memakai perbandingan gigi ang pas dan tepat. Selain itu kita harus memperhatikan ukuran ban yakni 50/90 untuk ban depan dan 60/80 untuk belakangnya.
3.MODIFIKASI MESIN MOTOR DRAG
Untuk penggantianya biasanya dilakukan pada noken as atau pada klep, karburator , piston , kabel busi serta beberapa komponen penting lainnya. Dengan memperbesar langkah serta diameter piston juga termasuk silindernya serta untuk perbandingan transmisi juga tidak kalah pentingnya.
4.BAHAN BAKAR YANG DIPAKAI
Bahan bakar juga menentukan bagaimana jalannya sepeda motor drag dan sangat berpengaruh. Semakin besar kadar oktan BBM maka seakin bagus pula, tetapi hal tersebut harus seimbang dengan setingan motor drag tersebut.
5.TAMPILAN MOTOR DRAG
Untuk segi tampilan motor drag dapat kalian sesuaikan dengan selera pembalap. Jika mererapkan tampilan drag versi rumahan tidaklah menjadi masalah , asalkan dipakai wadah atau tempat yang benar dan tidak lupa harus selalu mengutamakan keselamatan.
6.BIAYA MODIFIKASI MOTOR DRAG
Biaya yang dikeluarkan untuk perubahan atau membuat motor drag ekstreme atau standart balap berkisar hingga 20-3- juta rupiah. Jadi kalian memang harus benar-benar memperhatikan dengan benar langkah-langkah dalam membuat motor drag agar hasilnya lebih maksimal dan biaya yang dieluarkan pun tidak terlalu banyak