Mohon tunggu...
Krisna Ilham Syahputra
Krisna Ilham Syahputra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Kesederhanaan ada tujuan terciptanya kebahagiaan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Modifikasi Motor Drag di Surabaya

25 Oktober 2020   03:23 Diperbarui: 25 Oktober 2020   03:53 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Oleh KRISNA ILHAM SYAHPUTRA

Modifikasi Motor Drag di Surabaya: Modifikasi Motor Drag Satu Unit Motor Dibutuhkan Biaya hingga 15-20 juta  

Guna memodifikasi satu unit motor drag dibutuhkan setidaknya lumayan untuk merogoh kocek.

"memang kesulitan dalam memodifikasi motor drag itu terletak pada dana yang dipakai,"

Namun, sebagai pecinta otomotif dan hobi balap tentu ada kepuasan tersendiri meskipun dana yang dipakai cukup besar.

Di Indonesia sendiri balapan ini juga banyak diminati oleh kaum pria dan hawa. Sementara itu banyak pula yang memiiki kesempatan untuk turun balap resmi, tapi tidak sedikit pula yang memilih untuk balapan liar.

Untuk membuat motor drag tidak harus membeli motor khusus, banyak modifikasi motor pribadi dibuat menjadi motor drag yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Tapi bagaimanakah cara membuat motor drag ini? Dan berikut ini adalah ulasan dan informasi selengkapnya.

1.MENGGANTI SASIS DRAG

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergantian sasis motor. Pasalnya sasis harus benar-benar ringan untuk sebuah motor drag. Akan tetapi hal ini adalah merupakan salah satu yang akan menguras biaya.

Jika sasis versi impor Jepang, untuk sasis drag mencapai 10-25 juta rupiah. Akan tetapi untuk sasis standart balapan di Indonesia terutama di Surabaya berkisar 3-5 juta rupiah.

2.KAKI-KAKI DRAG BIKE

Hitunganya pun akan berbeda jika diameter ban tidak cocok. Semakin besar kapasitas dan diameter ban dipeperkecil karena hatus memakai perbandingan gigi ang pas dan tepat. Selain itu kita harus memperhatikan ukuran ban yakni 50/90 untuk ban depan dan 60/80 untuk belakangnya.

3.MODIFIKASI MESIN MOTOR DRAG

Untuk penggantianya biasanya dilakukan pada noken as atau pada klep, karburator , piston , kabel busi serta beberapa komponen penting lainnya. Dengan memperbesar langkah serta diameter piston juga termasuk silindernya serta untuk perbandingan transmisi juga tidak kalah pentingnya.

4.BAHAN BAKAR YANG DIPAKAI

Bahan bakar juga menentukan bagaimana jalannya sepeda motor drag dan sangat berpengaruh. Semakin besar kadar oktan BBM maka seakin bagus pula, tetapi hal tersebut harus seimbang dengan setingan motor drag tersebut.

5.TAMPILAN MOTOR DRAG

Untuk segi tampilan motor drag dapat kalian sesuaikan dengan selera pembalap. Jika mererapkan tampilan drag versi rumahan tidaklah menjadi masalah , asalkan dipakai wadah atau tempat yang benar dan tidak lupa harus selalu mengutamakan keselamatan.

6.BIAYA MODIFIKASI MOTOR DRAG

Biaya yang dikeluarkan untuk perubahan atau membuat motor drag ekstreme atau standart balap berkisar hingga 20-3- juta rupiah. Jadi kalian memang harus benar-benar memperhatikan dengan benar langkah-langkah dalam membuat motor drag agar hasilnya lebih maksimal dan biaya yang dieluarkan pun tidak terlalu banyak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun