Mohon tunggu...
Krismas Situmorang
Krismas Situmorang Mohon Tunggu... Guru - Guru, Blogger Indonesia

Teacher, Freelancer Writer

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Angklung Alat Musik Bambu yang Mendunia

10 Juli 2024   19:31 Diperbarui: 10 Juli 2024   22:06 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar angklung. Sumber: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20201204124339-246-577949/sejarah-angklung-jenis-dan-cara-memainkan

Sebuah bunyi dari bilah bambu terdengar merdu. Bunyi dengan irama yang khas itu menggema di ruangan yang cukup luas itu. Sejumlah tabung  bambu yang dibunyikan dengan teratur itu melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh sekelompok siswa Sekolah Dasar Bellarminus, Menteng, Jakarta.

Tabung-tabung bambu yang digunakan sebagai alat musik itu biasa disebut angklung. Ya, siswa sekolah dasar tersebut sedang bermain angklung dengan indahnya. Tangan-tangan kecil para siswa itu dengan lincah bergerak memainkan irama sesuai kunci (chord). Para siswa itu begitu serius memainkan alat musik bambu.

Alat Musik Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Popularitas alat musik angklung bukan hanya di dalam negeri saja, tetapi juga sudah sampai ke luar negeri.

Gambar ilustrasi angklung, sumber: https://centerforworldmusic.org/2023/12/indonesian-angklung/
Gambar ilustrasi angklung, sumber: https://centerforworldmusic.org/2023/12/indonesian-angklung/

Angklung terbuat dari dua buah tabung bambu yang dibentuk sedemikian rupa dan digantung pada sebuah bingkai bambu juga. Tabung dan bingkai dirangkai sedemikian rupa dan diikat dengan bilah bambu yang halus.

Panjang kedua tabung bambu dibuat berbeda agar menghasilkan bunyi tertentu sesuai dengan tangga nada. Volume  suara angklung tergantung besar diameter bambu. Semakin besar diameter bambu, maka suara yang dihasilkan akan semakin rendah. Sebaliknya, semakin kecil volume tabung bambu, amka suara yang dihasilkan akan semakin tinggi.

Cara memainkan angklung terbilang mudah, cukup disentak cepat atau digoyang berulang seperti getaran hingga bersuara. Angklung biasanya dimainkan secara berkelompok. Setiap pemain memegang sebuah angklung dengan nada (chord) tertentu. Angklung dimainkan secara perorangan sehingga setiap orang bertanggung jawab untuk membunyikan satu nada dalam melodi secara teratur.

Penggunaan Alat Musik Angklung

Dahulu, angklung biasa digunakan dalam upacara pemujaan kepada Dewi Padi atau Dewi Sri. Selain itu, angklung juga digunakan dalam upacara-upacara keagamaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun