Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Website: www.ManajemenTerkini.com. IG: kris_bernart.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Jika 5 Syarat Ini Dipenuhi, Kepemimpinan Menjadi Efektif

23 Desember 2021   06:45 Diperbarui: 25 Desember 2021   10:35 1758 55 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pemimpin yang efektif dalam sebuah perusahaan. Sumber: UNSPLASH/LEO via Kompas.com

Beberapa tahun silam perusahaan yang bergerak di bidang konveksi PT GC melakukan PHK besar-besaran terhadap karyawannya. Keputusan itu diambil manajemen bukan karena bisnis buruk  atau kinerja menurun. Namun, disebabkan karena masalah kecil yaitu mis komunikasi!

Pada waktu itu manajemen mengadakan perubahan upah karyawan, sehingga upah yang diterima karyawan mengalami penurunan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Namun, perubahan itu tidak dikomunikasikan terlebih dahulu antara manajemen dengan karyawan.

Bisa dibayangkan betapa terkejutnya karyawan menerima upah tidak seperti biasanya. Pasti mereka sudah merencanakan untuk apa saja upah bulanan tersebut. Mulai membayar rekening listrik, air, membayar SPP, cicilan kredit, belanja bulanan hingga menabung.

Kondisi seperti itulah yang memicu kemarahan karyawan, sehingga secara kompak mereka melakukan demo besar-besaran di perusahaan. Namun, alih-alih mendapatkan perhatian dari manajemen, malahan mereka diganjar PHK besar-besaran pula.

Keputusan manajemen tersebut sangat disayangkan, mengingat pemicu konflik hanyalah masalah komunikasi yang kurang baik dari manajemen. Jika saja manajemen berkomunikasi dengan karyawan sejak awal, menjelaskan alasan-alasan perubahan dan bagaimana rencana perusahaan kedepan, mungkin karyawan dapat memahami dan menerima.

Ilustrasi kepemimpinan (sumber Freepik.com)
Ilustrasi kepemimpinan (sumber Freepik.com)

Dari kasus tersebut, kita dapat belajar perlunya komunikasi efektif yang merupakan bagian dari kepemimpinan (leadership) dan manajemen organisasi. Berikut ini kita akan sedikit belajar mengenai kepemimpinan dan manajemen.

Pengertian Kepemimpinan

Menurut Warren Bennis, seorang konsultan, penulis buku, dan guru besar Bisnis Administrasi dan Kepemimpinan di University of Southern, menerjemahkan kepemimpinan sebagai fungsi mengenal diri sendiri, memiliki visi yang terkomunikasi dengan baik, membangun kepercayaan diantara kolega, dan mengambil tindakan efektif untuk mewujudkan potensi kepemimpinan Anda sendiri.

Selanjutnya Warren Bennis merumuskan 5 syarat yang perlu dimiliki pemimpin.

Pertama, Kenali diri kamu sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan