Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Merajut Keabadian (Bintang Semesta Media, 2023). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Mendalami 3 Model "Product Differentiation Strategies"

8 November 2021   07:24 Diperbarui: 8 November 2021   08:22 1138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi product differentiation strategies (Sumber foto Freepik.com)

Apakah kamu menyukai wisata kuliner? Cobalah kamu perhatikan, tempat kuliner yang dahulu cukup favorit mulai ditinggalkan pelanggan! mengapa? karena manajemen tidak melakukan inovasi.

Munculnya pesaing baru menjadi salah satu penyebab pelanggan berpindah, banyak tempat kuliner baru, berani membangun dengan arsitektur modern dilengkapi dengan spots foto.

Bisnis kuliner tidak hanya bisa mengandalkan kenikmatan rasa, namun kenyamanan, pelayanan dan tempat yang representatif.

Sementara itu pemain baru yang tidak mampu menciptakan keunggulan tidak akan dilirik konsumen, dan dalam waktu yang tidak lama, perusahaan itu tidak lagi mampu bertahan.

Persaingan yang begitu ketat dan perubahan perilaku konsumen dari konservatif yang hanya puas dengan kenikmatan menu, telah berubah menjadi konsumen modern yang tidak saja mencari kenikmatan, namun juga suasana yang menyenangkan.

Bisnis kuliner menjadi salah satu contoh bisnis yang memerlukan sentuhan inovasi, kreativitas, dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Tanpa adanya diferensiasi produk rasanya menjadi sulit perusahaan dapat menggaet banyak pelanggan.

Yuk, Kita mempelajari product differentiation strategies

Pengertian product differentiation

Mengutip artikel berjudul "Discovering New Points of Differentiation" oleh Rita Gunther McGrath dan Ian Macmillan tahun 1997, diferensiasi produk adalah menawarkan kepada pelanggan sesuatu yang mereka hargai yang tidak dimiliki pesaing.

Diferensiasi produk merupakan proses pemasaran suatu produk atau layanan yang berbeda dan menonjol dibandingkan dengan pesaing, sehingga produk menjadi unik. Jika perusahaan berhasil maka dapat menciptakan keunggulan kompetitif.

Diferensiasi produk yang dilakukan perusahaan kecil berpeluang untuk mengalahkan produk perusahaan besar atau produk yang lebih populer. Minimal mereka dapat mengambil niche market. Misalnya Kopi Kenangan yang mengusung brand lokal dengan harga murah, mulai mengancam hegemoni brand global Starbucks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun