Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Human Resources - Praktisi Bisnis

Rilis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Website: www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Customer Oriented dan Tantangan Bisnis Era Digital

23 Oktober 2021   13:46 Diperbarui: 25 Oktober 2021   05:00 1369 37 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi customer-oriented (Sumber: Pexels/Kampus Production)

Jika kamu sebagai pemilik bisnis, konsep manakah yang akan dipilih, berorientasi pada keuntungan atau berorientasi pada pelanggan?

Sepintas kita akan berpikir yang namanya bisnis bertujuan untuk meraih keuntungan, bisnis bukan lembaga sosial dan harus mendapatkan pemasukan untuk menutup biaya operasional, belanja barang dan menggaji karyawan.

Lalu bagaimanakah jika bisnis untuk memuaskan pelanggan? Maksudnya adalah perusahaan memperoleh keuntungan dengan cara membuat produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Apakah sampai di situ penjelasannya?

Tentu ada lanjutannya, yaitu setelah perusahaan memproduksi barang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen maka mereka akan mendapatkan kepuasan. 

Nah, sampai disini kita jadi mengerti bahwa perusahaan dapat meraih keuntungan dari kepuasan pelanggan.

Artinya perusahaan akan berjuang untuk mengerti kemauan pelanggan dan menciptakan produk yang sesuai. Dengan kata lain ia tidak mau jika produknya tidak diterima pasar atau menciptakan produk asal-asalan yang penting terjual dan meraih untung!

Proses bisnis seperti ini disebut dengan konsep pemasaran modern, yang mestinya perusahaan dapat mengadopsi dan menerapkannya. Jauh dari konsep pemasaran tradisional yang hanya menciptakan produk dengan biaya rendah dan dipasarkan secara masif.

Ilustrasi customer oriented (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)
Ilustrasi customer oriented (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)

Abad 21 ditandai dengan kemajuan teknologi informasi yang berdampak pada kepintaran konsumen dalam mengakses informasi dari berbagai belahan dunia. Mereka kritis dan semakin peduli pada pelestarian alam dan sosial kemanusiaan.

Perusahaan yang tidak mau beralih dari konsep pemasaran tradisional ke konsep pemasaran modern akan ditinggalkan pelanggan. 

Yuk, kita akan pelajari konsep pemasaran modern yang berorientasi pada pelanggan dan tantangan bisnis di era digital.

Pentingnya Konsep Pemasaran Modern

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan