Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Human Resources - Praktisi Bisnis

Rilis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Website: www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Multichannel Marketing, Cara Jitu Menjaring Konsumen

13 Oktober 2021   06:56 Diperbarui: 13 Oktober 2021   14:00 1535 49 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Multichannel Marketing (Sumber:Pexels/Mikael Blomkvist)

Banyaknya saluran pemasaran menyebabkan konsumen mendapatkan beragam pilihan untuk memperoleh informasi mengenai produk atau layanan yang akan dibeli atau digunakan.

Jika kamu akan membeli sepatu kesayangan misalnya, maka kamu akan mencari informasi di internet atau e-commerce seputar sepatu dimaksud mengenai spesifikasi, kualitas, model dan harga. Juga berkaitan dengan reputasi toko karena menyangkut orisinalitas produk.

Namun tiap-tiap orang akan berbeda dalam menggunakan saluran pemasaran yang dirasa mudah, nyaman, dan terpercaya. 

Dengan perilaku konsumen yang beragam, maka perusahaan perlu memanfaatkan saluran pemasaran, karena berpeluang lebih besar dalam menjaring konsumen.

Pengertian Multichannel Marketing

Multichannel marketing adalah praktik berinteraksi dengan pelanggan dengan menggunakan kombinasi saluran langsung dan tidak langsung agar produk atau layanan hadir di mana pelanggan berada, sementara mereka ada di mana-mana. 

Dengan kata lain multichannel marketing memadukan banyak saluran distribusi dan promosi menjadi satu strategi terpadu untuk menarik banyak pelanggan.

Saluran komunikasi langsung dapat berupa direct email, direct SMS, direct WhatsApp, public relations/telemarketing, event, brosur, sosial media, sedangkan komunikasi tidak langsung antara lain televisi, radio, majalah, koran, spanduk, baliho, website dan blog.

Semakin banyak saluran komunikasi yang digunakan, maka semakin banyak pilihan yang disukai pelanggan, jangkauan komunikasi lebih luas sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian.

Semakin banyak saluran pemasaran semakin banyak pilihan komunikasi konsumen (Sumber: Freepik.com)
Semakin banyak saluran pemasaran semakin banyak pilihan komunikasi konsumen (Sumber: Freepik.com)

Manfaat Multichannel Marketing

Hadirnya media sosial semakin menambah variasi saluran pemasaran, dari sisi konsumen akan mendapatkan banyak pilihan-pilihan informasi produk atau layanan dan dari sisi perusahaan membuka ukuran pasar lebih luas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan