Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Begini 5 Cara Mempertahankan Sales Team Tetap "On Fire"

2 Juni 2021   06:58 Diperbarui: 2 Juni 2021   17:53 761 54 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begini 5 Cara Mempertahankan Sales Team Tetap "On Fire"
Ilustrasi sales team (sumber Freepik.com)

"Teamwork is so important that it is virtually impossible for you to reach the heights of your capabilities or make the money that you want without becoming very good at it" (Brian Tracy).

Kutipan Brian Tracy seorang CEO, Chairman, motivator dan penulis yang menegaskan akan pentingnya teamwork agar mencapai kemampuan yang tinggi dan menghasilkan uang sesuai keinginan.

Menjadi seorang ahli memang dapat di raih oleh siapa pun, namun tanpa adanya kerja sama tim maka keahliannya menjadi tidak maksimal. Tim yang solid menjadi faktor penting dalam organisasi.

Pengertian Teamwork

Sebuah tim menurut Katzenbach dan Smith dalam artikel Harvard Business Review adalah "The Discipline of Teams," didefinisikan sebagai "orang-orang yang terorganisir untuk berfungsi secara kooperatif sebagai sebuah kelompok".

Di sini peran seorang leader cukup besar untuk dapat melakukan koordinasi tim dengan baik, memastikan semua anggota memberikan kontribusi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Sedangkan definisi teamwork menurut Hughes (2012) adalah sekumpulan orang-orang yang mampu bekerja sama dalam sebuah tim, semua orang mempunyai kedudukan yang sama dan penting. Di dalam membangun hubungan antar individu difasilitasi oleh seorang pemimpin.

Tim akan menjadi efektif jika anggotanya mempunyai kemampuan, visi dan misi yang sepadan. Selain itu memudahkan pemimpin untuk mengatur, memberdayakan dan membuat kolaborasi para anggota.

Untuk mewujudkan teamwork yang solid tidak terjadi secara tiba-tiba, namun membutuhkan proses yang panjang. Memerlukan kesabaran, komitmen dan kemampuan kepemimpinan.

Menurut Griffin dan kawan-kawan (2004) untuk dapat mewujudkan teamwork yang solid dibutuhkan beberapa tahapan perkembangan meliputi:

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

1. Forming

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN