Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Ini 5 Cara "Sales Boosting" Ketika Penjualan Anjlok

6 Mei 2021   06:24 Diperbarui: 7 Mei 2021   15:26 627 49 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 5 Cara "Sales Boosting" Ketika Penjualan Anjlok
Ilustrasi grafik penjualan menurun (Sumber Pexels.com)

"Orang pintar menganggap sudah mengetahui banyak hal, tapi sering kali melupakan penjualan. Orang bodoh berpikir sederhana, yang penting produknya terjual." Bob Sadino

Sekalipun kutipan tersebut di atas tidak seluruhnya benar. Namun, pengusaha kesohor Bob Sadino berpesan agar dalam berbisnis jangan sampai fokus pada hal lain dan melupakan penjualan.

Persaingan bisnis yang begitu ketat menyebabkan volume penjualan tidak dapat diprediksi. Bisa jadi perusahaan sudah berjuang menghasilkan produk atau jasa yang bermutu, tetapi penjualan tidak juga meningkat.

Pesaing dalam bisnis tidak saja pada industri bisnis yang sejenis tetapi dapat disebabkan oleh bisnis yang lain. Misalnya bisnis smarphone saingannya adalah barang-barang elektronik, konsumen lebih memilih membeli AC, TV atau kulkas daripada mengganti smarphone.

Selain itu juga faktor eksternal dapat memukul penjualan. Perubahan peraturan, kondisi ekonomi, melemahnya kurs mata uang rupiah, stabilitas keamanan dan pertumbuhan ekonomi menjadi penyebab menurunnya penjualan.

Lalu bagaimana caranya ketika penjualan menurun? Di sini peran dari manajer atau direktur penjualan cukup besar untuk melakukan terobosan-terobosan yang efektif. Menjadi perhatian para praktisi HR dalam merekrut manajer penjualan bahwa keahlian pada saat "darurat penjualan" menjadi poin penting dalam merekrut atau mengangkat seorang manajer.

Ketika penjualan menurun maka seorang manajer penjualan harus cepat mengambil tindakan, supaya penjualan tidak semakin menurun yang mengakibatkan tim penjual kehilangan kepercayaan diri dan produk dilupakan konsumen.

Berikut ini penulis mencoba menjabarkan cara yang sebaiknya dilakukan oleh manajer penjualan ketika penjualan anjlok melalui 5 cara sales boosting 'meningkatkan penjualan'. Sales boosting istilah dalam bidang penjualan merupakan strategi yang bertujuan meningkatkan penjualan.

Lima cara tersebut meliputi pendekatan konsumen baru, konsumen lama, pemberian komisi, memberikan coaching dan briefing.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Pendekatan Eksternal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN