Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Prabowo-Ganjar Vs Anies-Sandi, Duel Seru Pilpres 2024?

3 Januari 2021   08:40 Diperbarui: 3 Januari 2021   08:40 1116 60 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prabowo-Ganjar Vs Anies-Sandi, Duel Seru Pilpres 2024?
Foto kolase  Prabowo, Anies, Ganjar dan Sandi (Dok. Humas Kemhan RI, Facebook/Anies Baswedan, Dok. Pemprov Jawa Tengah & Maulana Ramadhan/kumparan)

Dalam berbagai hasil survei yang di rilis oleh berbagai lembaga survei mengenai elektabilitas calon presiden 2024 mendatang, tercermin lima besar calon yang cukup lama bertahan.

Ke lima besar tokoh yang berpeluang menjadi calon presiden 2024 adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.

Menurut survei terakhir yang dilakukan oleh SMRC (Saiful Mujani Research and Consulting) pada 23-26 Desember 2020, melalui wawancara via telepon terhadap 1.202 responden  secara nasional menempatkan Ganjar Pranowo pada peringkat teratas dengan 15.7% suara.

Di susul peringkat dua Prabowo Subianto 14.9%, Anies Baswedan 11%, Sandiaga Uno 7.9% dan Ridwan Kamil di urutan lima dengan 7.1% suara.

#Prabowo-Ganjar

Prabowo-Ganjar (pontianak.tribunnews.com) 
Prabowo-Ganjar (pontianak.tribunnews.com) 

Melihat kedekatan antara Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto sangat mungkin ketua umum dari dua partai besar itu akan menduetkan mereka.

Walaupun beredar spekulasi cukup kuat Prabowo akan di pasangkan dengan sang putri mahkota Puan Maharani, namun melihat elektabilitas wanita yang menjabat sebagai Ketua DPR-RI tersebut masih rendah yaitu sekitar 2% suara, besar kemungkinan Megawati  akan berpikir ulang.

Andai kata Mbak Mega tetap ngotot mencalonkan putrinya ada kemungkinan Ganjar Pranowo sebagai kader partai PDI-P yang potensial akan dilamar oleh partai lain.

Dalam hasil survei tersebut tercermin Prabowo di dukung oleh 50% suara dari massa Partai Gerindra, artinya dukungan dari partai berlambang kepala burung garuda tersebut cukup solid.

Sementara itu basis dukungan Ganjar datang dari PDI-P sebesar 28%, PKB 27%, PPP 21% dan NasDem 20%, hal ini menunjukkan ia disukai banyak partai dan dapat menjadi modal yang kuat untuk mendulang banyak suara pemilih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x