Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Human Resources - Praktisi Bisnis

Rilis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Website: www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Jika Ingin Berhasil, Orangtua Harus Memandu Kepribadian Anak

16 Juni 2020   08:22 Diperbarui: 16 Januari 2021   09:19 825 45 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jika Ingin Berhasil, Orangtua Harus Memandu Kepribadian Anak
Gambar oleh Daniel Park dari Pixabay

Kepribadian berasal dari kata bahasa Inggris "Personality", yang berasal dari kata bahasa latin "Pesona" yang berarti kedok atau topeng, yaitu tutup muka yang sering dipakai oleh pemain-pemain panggung, maksudnya untuk menggambarkan perilaku, watak atau pribadi seseorang.

Hal ini dilakukan karena terdapat ciri-ciri khas yang hanya dimiliki oleh orang tersebut, baik dalam arti kepribadian yang baik maupun yang buruk.

Di samping itu kepribadian sering di identikkan dengan ciri-ciri yang menonjol pada diri individu, seperti kepada orang yang pemalu di kenakan atribut "berkepribadian pemalu", kepada orang pengecut diberikan atribut "tidak punya kepribadian".

Dari penjelasan tersebut dapat diperoleh gambaran bahwa kepribadian menurut pengertian sehari-hari atau masyarakat awam, menunjuk pada gambaran bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-individu yang lainnya (Shanty Rosalind, 2012)

Kepribadian bukan sebagai bakat kodrati, melainkan terbentuk oleh proses sosialisasi. Kepribadian merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku sosial tertentu, baik berupa perasaan, berpikir, bersikap, dan berkehendak maupun perbuatan.

Pengembangan kepribadian adalah pengembangan pola perilaku dan sikap yang terorganisir yang membuat seseorang berbeda. Pengembangan kepribadian terjadi oleh interaksi temperamen, karakter, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Kepribadian adalah apa yang membuat seseorang menjadi orang yang unik, dan itu dikenali segera setelah lahir. Kepribadian anak memiliki tiga komponen yaitu :

1. Temperamen 

Temperamen adalah seperangkat sifat yang ditentukan secara genetis yang menentukan pendekatan anak terhadap dunia dan bagaimana anak itu belajar tentang dunia. Tidak ada gen yang menentukan sifat-sifat kepribadian, tetapi beberapa gen memang mengontrol perkembangan sistem saraf, yang pada gilirannya mengendalikan perilaku.

2. Lingkungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan