Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Modern Salesmanship: Menjadi Salesman Itu Gampang

23 April 2020   11:11 Diperbarui: 13 Januari 2021   13:10 743 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Modern Salesmanship: Menjadi Salesman Itu Gampang
image Adobe Stock.com

Salesmanship adalah keterampilan yang digunakan oleh tenaga penjualan dalam penjualan pribadi. Salesmanship adalah seni komunikasi tatap muka antara penjual dan pembeli di mana penjual menggunakan keterampilan persuasinya untuk mendorong pembeli untuk membuat keputusan pembelian akhir.

Membujuk konsumen untuk membeli suatu produk, penjual harus memberikan semua informasi terkait produk dan meyakinkan pelanggan bagaimana produk tersebut dapat memenuhi persyaratan mereka. Ini tidak mudah kelihatannya, karena di masa sekarang, seorang tenaga penjualan dituntut untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda.

Oleh karena itu, mengetahui product knowlegde tidak cukup untuk tenaga penjualan. Dia harus berurusan dengan pelanggan yang berbeda secara berbeda, yang membutuhkan banyak keterampilan.

Di masa sekarang, konsep salesmanship bahkan menjadi luas karena semakin banyak transaksi yang terjadi di internet. Penjual tidak diharuskan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.

Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak perlu menjual keterampilan sambil menjual barang-barang Anda melalui platform online. Anda masih harus memiliki keterampilan persuasif yang sangat baik untuk menjual produk Anda.

Definisi Salesmanship

Salesmanship dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan dengan menghilangkan ke tidak tahuan dan keraguan mereka tentang produk sedemikian rupa sehingga baik pembeli maupun penjual mendapat manfaat dari kesepakatan.

Ini juga mencakup kemampuan untuk menghasilkan kebutuhan akan produk dan membuat pelanggan menginginkan produk tersebut.

Modern concept of salesmanship

Gagasan salesmanship modern sangat berbeda dari konsep salesmanship tradisional. Pada zaman kuno, tenaga penjual biasa membawa barang bersamanya dan menunjukkannya kepada pelanggan untuk menjualnya, atau ia biasa memberikan sampel produk kepada calon pelanggan dan menunggu pesanan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN