Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... operarius

menggapai makna, melukis aksara

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Masih Adakah Diskriminasi di Tempat Kerja?

21 April 2020   10:15 Diperbarui: 21 April 2020   10:14 68 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masih Adakah Diskriminasi di Tempat Kerja?
image Adobe Stock.com

Diskriminasi adalah memperlakukan, atau mengusulkan untuk memperlakukan, seseorang yang tidak menguntungkan karena karakteristik pribadi yang dilindungi oleh hukum.

Sebenarnya karyawan dilindungi dari diskriminasi di semua tahap pekerjaan, termasuk : rekrutmen, iklan job vacancy dan bagaimana interview dilakukan. 

Penawaran syarat dan ketentuan kerja yang tidak adil, ditolak peluang pelatihan, promosi, mutasi, pembayaran kinerja, pembayaran gaji yang berbeda dengan jabatan dan masa kerja sama, diberhentikan secara tidak adil, diturunkan pangkatnya atau dipecat.

Direct and Indirect Discrimination

  • Direct Discrimination

Diskriminasi langsung adalah ketika seseorang memperlakukan, atau mengusulkan untuk memperlakukan, seseorang tidak disukai karena karakteristik pribadi yang dilindungi oleh hukum.

Diskriminasi langsung sering terjadi karena orang membuat asumsi yang tidak adil (subyektif) tentang apa yang dapat dan tidak bisa dilakukan oleh orang dengan karakteristik pribadi tertentu.

Misalnya, menolak mempekerjakan seseorang berdasarkan usia mereka karena Anda pikir mereka terlalu tua untuk mempelajari keterampilan baru.

  • Indirect Discrimination

Diskriminasi tidak langsung terjadi ketika suatu kondisi yang tidak masuk akal diberlakukan yang merugikan seseorang dengan karakteristik pribadi yang dilindungi oleh hukum.

Diskriminasi tidak langsung terjadi ketika kebijakan, praktik, atau perilaku di tempat kerja tampaknya memperlakukan semua pekerja dengan cara yang sama, tetapi sebenarnya merugikan secara tidak adil seseorang karena karakteristik pribadi yang dilindungi oleh hukum.

Misalnya, persyaratan bagi karyawan untuk bekerja dalam shift 12 jam mungkin tampak memperlakukan semua orang dengan setara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN