Mohon tunggu...
Krisanti_Kazan
Krisanti_Kazan Mohon Tunggu... Guru - Learning facilitator in SMA Sugar Group

Mencoba membuat jejak digital yang bermanfaat dan bercita² menghasilkan karya buku solo melalui penerbit mayor. (Learning facilitator di Sugar Group Schools sejak 2009, SMA Lazuardi 2000-2008; Guru Penggerak Angkatan 5; Pembicara Kelas Kemerdekaan di Temu Pendidik Nusantara ke 9; Pemenang Terbaik Kategori Guru Inovatif SMA Tingkat Provinsi-Apresiasi GTK HGN 2023; Menulis Buku Antologi "Belajar Berkarya dan Berbagi"; Buku Antologi "Pelita Kegelapan"; Menulis di kolom Kompas.com; Juara II Lomba Opini Menyikapi Urbanisasi ke Jakarta Setelah Lebaran yang diselenggarakan Komunitas Kompasianer Jakarta)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Ragu Memilih Rebahan atau Tetap Produktif di Hari Libur Tengah Minggu

1 Mei 2024   11:06 Diperbarui: 8 Mei 2024   14:35 509
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis santai di atas tempat tidur (Ilustrasi Vlada Karpovich/Pexels)

Oleh: Krisanti_kazan

Dilansir dari promkes.kemkes.go.id, Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Global Commission on Aging and Transamerica Center di Amerika Serikat mengatakan bahwa, liburan dapat membuat kamu awet muda. Salah satu hal yang menjadi pendukung pernyataan ini adalah karena pada dasarnya liburan akan membuat kita rileks dan merasa bahagia, tentu saja kedua hal inilah yang akan membuat kamu terhindar dari masalah penuaan dini.

Hari libur, apapun jenisnya baik cuti bersama ataupun libur nasional, selalu menarik dan ditunggu oleh banyak orang apalagi karyawan. Hasil penelitian terkait hari libur dan awet mudapun tidak terlalu kita ambil pusing karena yang penting LIBUR.

Tanggal 1 Mei ini bertepatan dengan libur Hari Buruh internasional. Kebetulan tahun ini jatuh di hari Rabu yang  menjadi bonus tengah minggu. Hari libur tengah minggu seperti ini seringkali menjadi momen yang dinantikan untuk bersantai dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari.

Namun, ketika tiba saatnya untuk memutuskan antara rebahan santai atau melakukan aktivitas produktif lain, kita merasa ragu. Bagi saya saat ini, keraguan muncul antara pilihan rebahan atau menulis.

Kebetulan suasana pagi ini sangat sendu diiringi hujan yang tidak berhenti dari semalam ditambah lelah tubuh dan pikiran setelah 11 hari penuh menatap layar laptop mengikuti Zoom meeting Pembekalan Calon Pengajar Praktik dari Kemdikbud.

Masih ada 4 hari lagi untuk menyelesaikan kegiatan dan libur satu hari ini adalah bonus yang sangat indah untuk sekadar mengistirahatkan otak dan tubuh. 

Tetapi pagi ini muncul keraguan, apakah lebih baik untuk merenggangkan tubuh dan pikiran dengan berbaring rebahan, ataukah lebih bermanfaat untuk mengalokasikan waktu untuk menyalurkan kreativitas melalui tulisan?

Sebenarnya menemukan keseimbangan antara beristirahat dan produktivitas pada hari libur adalah kunci untuk menjaga kesejahteraan secara keseluruhan. 

Di satu sisi, rebahan atau bersantai dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan memperbarui energi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun