Mohon tunggu...
Kristian
Kristian Mohon Tunggu...

Software Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pelaku UKM Enggan Menggunakan Sistem POS, Mengapa?

28 Januari 2019   00:56 Diperbarui: 28 Januari 2019   20:54 257 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaku UKM Enggan Menggunakan Sistem POS, Mengapa?
pixabay.com

Dalam dunia usaha kecil dan menengah (UKM), Sistem Point Of Sale (POS) bukan hanya sebuah keinginan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Ya, Sistem POS memberikan manfaat cukup besar untuk mendukung perkembangan bisnis dan banyak yang sudah merasakan manfaatnya. Namun, di era modern dan teknologi canggih saat ini masih banyak pelaku UKM enggan menggunakan Sistem POS untuk mendukung usaha mereka.

Dari berbagai diskusi dengan mereka, ada beberapa alasan yang disampaikan mengapa hingga saat ini belum menerapkan Sistem POS untuk mendukung usaha mereka meskipun secara penjualan mereka sudah wajib menggunakan Sistem POS.

Tidak Ingin RepotRepot. Itulah salah satu alasan yang sering disampaikan para pelaku UKM ketika ditanya mengapa mereka belum mengimplementasikan Sistem POS di toko mereka. Apakah mengimplementasikan Sistem POS itu repot? 

Bagi yang masih terbiasa manual, mungkin ketika migrasi ke sesuatu hal yang baru mungkin akan sedikit repot namun ketika sudah mulai dijalani semua akan terasa biasa saja. Seperti pepatah mengatakan "alah bisa karena terbiasa". Sama seperti implementasi Sistem POS, 

apalagi saat ini banyak Sistem POS yang menawarkan banyak kemudahan, dan masa implementasi yang singkat misalnya Turboly Software ERP yang juga menyediakan Sistem POS yang didesign khusus untuk usaha retail ataupun Raptor, Micros & Quinos untuk usaha F&B dimana sistem tersebut menawarkan masa implementasi yang singkat karena fitur yang ditawarkan sangat user friendly.

Tidak "Melek" Teknologi. "Ah saya gaptek Mas, belum perlu". Nah ini juga salah satu alasan yang sering ditemui ketika pelaku UKM belum mengimplementasikan Sistem POS di toko mereka. Iya, Gaptek atau "gagap teknologi". Banyak yang merasa teknologi / software/ sistem merupakan sesuatu yang menakutkan, takut salah yang menyebabkan kerusakan. Padahal jika Sistem POS modern saat ini cukup user friendly bahkan untuk orang awam sekalipun dan mayoritas penyedia layanan Sistem POS memberikan layanan training & layanan bantuan gratis kepada para pengguna barunya.

Pengalaman Buruk Masa Lalu. Banyak para pelaku UKM yang memiliki pengalaman buruk akan kegagalan implementasi Sistem POS yang pernah mereka gunakan dulu. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, bisa karena pemilihan vendor yang kurang tepat, atau bisa juga ketika itu dari usahanya sendiri belum siap. Intinya mereka Trauma dan akhirnya memilih untuk tidak menggunakan Sistem POS dan masih manual.

Usaha Masih Kecil. Implementasi Sistem POS memang disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada syarat spesifik seberapa skala minimal usaha untuk menggunakan Sistem POS. Namun jika dilihat dari manfaat Sistem POS, usaha skala kecil maupun besar akan sangat terbantu dengan adanya Sistem POS.

Baca juga artikel terkait : Seluk Beluk Sistem POS Yang Harus Diketahui

Biaya. Biaya merupakan alasan yang paling sering disampaikan ketika pelaku UKM belum mengimplementasikan Sistem POS di toko mereka. Hal ini biasanya terjadi karena business owner belum mengetahui secara detail kebutuhan mereka sendiri. 

Jadi, vendor Sistem POS yang mereka temui menyediakan kebutuhan yang lebih dibandingkan kebutuhan mereka, jadi otomatis harga yang ditawarkan dirasa tinggi dan imbasnya Sistem POS di cap mahal. Padahal saat ini di pasaran menawarkan banyak variasi harga, mulai dari yang investasi atau sewa bulanan, yang server local maupun cloud server.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x