Mohon tunggu...
Kris Hadiwiardjo
Kris Hadiwiardjo Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis, Eks Penulis Artikel Bisnis, Ekonomi, Teknologi Harian Pelita

Penulis adalah peminat bidang teknologi, Komputer, Artificial Intelligence, Psikologi dan masalah masalah sosial politik yang menjadi perbincangan umum serta melakukan berbagai training yang bekenaan dengan self improvement, human development dan pendidikan umum berkelanjutan bagi lanjut usia.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Anjing & Babi: Makna Sosial & Psikologis di Balik Kata yang Menyakitkan

18 Oktober 2024   15:22 Diperbarui: 18 Oktober 2024   15:23 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anjing dan Babi: Makna Sosial dan Psikologis di Balik Kata yang Menyakitkan

Dalam berbagai budaya di dunia, beberapa hewan memiliki konotasi yang dianggap negatif ketika digunakan untuk menggambarkan manusia.

Dua hewan yang sering dijadikan sebagai perumpamaan yang merendahkan adalah anjing dan babi. Di luar konteks kamus atau pengertian literal dari kedua kata ini, penggunaan istilah "anjing" dan "babi" untuk menggambarkan seseorang sering kali dianggap sebagai penghinaan berat. Ini memicu respons emosional yang kuat, mulai dari rasa malu hingga kemarahan. Tapi mengapa sebutan ini begitu efektif dalam menyakiti perasaan seseorang? Jawabannya terletak pada pemahaman kita tentang makna sosial, psikologis, dan simbolik yang melekat pada kata-kata ini, yang terbentuk dari konstruksi budaya dan sosial.

Makna Sosial Kata "Anjing" dan "Babi"

Secara literal, anjing dan babi adalah hewan yang memiliki tempatnya sendiri dalam kehidupan manusia. Anjing sering dipuji sebagai sahabat setia manusia, sementara babi diakui karena peran pentingnya dalam perekonomian pangan di banyak negara. Namun, ketika kedua hewan ini diubah menjadi istilah untuk menggambarkan manusia, artinya berubah drastis.

Dalam berbagai budaya, sebutan "anjing" sering kali diasosiasikan dengan sifat-sifat yang dianggap rendah, seperti ketundukan buta, ketidaksetiaan, atau kelakuan buruk. Sebutan "anjing" kepada seseorang dianggap merendahkan karena secara simbolis mengaitkan orang tersebut dengan sesuatu yang dianggap hina. Sebaliknya, "babi" sering kali dikaitkan dengan kotoran, ketidakberadaban, dan sifat serakah. Konotasi-konotasi ini bukanlah hal yang universal dan mutlak, tetapi merupakan hasil dari konstruksi sosial yang telah melekat pada bahasa dan budaya tertentu.

Menurut teori simbolisme sosial, seperti yang dikemukakan oleh Clifford Geertz, makna dari suatu simbol, dalam hal ini kata "anjing" atau "babi," tidak ditentukan oleh makna literalnya, tetapi oleh bagaimana simbol tersebut dipahami dan diinterpretasikan dalam konteks budaya tertentu. Dalam masyarakat di mana anjing dianggap sebagai hewan yang tidak bersih atau hina, kata ini menjadi alat yang ampuh untuk merendahkan. Begitu pula dengan "babi," yang di beberapa budaya diidentikkan dengan ketidakmurnian dan pelanggaran moral.

Teori Konstruksi Sosial dalam Bahasa Penghinaan

Teori konstruksi sosial bahasa menyatakan bahwa makna tidak hanya terletak pada kata itu sendiri, tetapi pada hubungan sosial yang diciptakan melalui penggunaan kata tersebut. Pierre Bourdieu, seorang sosiolog terkemuka, menekankan bahwa bahasa bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga alat kekuasaan. Ketika seseorang menyebut orang lain sebagai "anjing" atau "babi," mereka tidak hanya menggunakan kata itu dalam pengertian literal, melainkan mereka juga menegaskan posisi dominan mereka dalam hubungan sosial tersebut. Penggunaan istilah-istilah ini menciptakan hierarki, di mana pihak yang menggunakan penghinaan menempatkan diri mereka di posisi moral yang lebih tinggi.

Dalam konteks ini, kata-kata penghinaan menjadi "performa sosial" di mana identitas, status sosial, dan kekuasaan dipertaruhkan. Bourdieu menggambarkan proses ini sebagai "kekerasan simbolik," di mana penghinaan verbal digunakan untuk memperkuat ketimpangan sosial yang ada. Dengan demikian, ketika seseorang dipanggil dengan istilah seperti "anjing" atau "babi," mereka tidak hanya merasa dihina secara personal, tetapi juga merasa terdegradasi dalam konteks sosial yang lebih luas.

Respons Psikologis terhadap Penghinaan

Dari sudut pandang psikologis, kata-kata yang merendahkan dapat memicu reaksi emosional yang kuat karena melibatkan proses identifikasi diri dan harga diri. Menurut teori identitas sosial dari Henri Tajfel, orang cenderung mengidentifikasi diri mereka dengan kelompok sosial tertentu, dan penghinaan terhadap seseorang sering kali dilihat sebagai ancaman terhadap identitas sosial mereka. Ketika seseorang disebut "anjing" atau "babi," ini bukan hanya serangan terhadap individu tersebut, tetapi juga terhadap kelompok atau status sosial yang mereka wakili.

Penghinaan semacam ini sering kali memicu respons emosional seperti marah, malu, atau bahkan rasa tidak berdaya. Penelitian psikologis menunjukkan bahwa penghinaan verbal dapat mempengaruhi kesejahteraan mental seseorang, terutama jika penghinaan tersebut diterima secara berulang-ulang atau dalam konteks di mana orang tersebut tidak memiliki kekuasaan untuk melawan. Penggunaan istilah-istilah seperti "anjing" dan "babi" untuk merendahkan seseorang juga dapat menciptakan efek jangka panjang, seperti menurunkan harga diri dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun