Mohon tunggu...
Thariqul Maarif
Thariqul Maarif Mohon Tunggu... Saya yang sedang mencoba senang untuk menulis.

Nggak banyak yang bisa saya ceritakan, hanya seorang mediocre yang merasa butuh untuk tetap menulis daripada waktu terbuang sia.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Panduan Solo Traveling dari Jogja ke Solo Buat Kamu Mahasiswa

18 April 2021   10:12 Diperbarui: 19 April 2021   20:35 62 2 0 Mohon Tunggu...

Liburan selalu jadi jalan utama untuk melepas penat dari segala rutinitas pekerjaanmu itu, dan tentunya liburan bersama teman teman menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Namun kadang juga kita ingin berlibur sendiri dengan tenang, traveling ke tempat tempat yang jarang kita kunjungi, jalan jalan di tengah riuh orang orang sambil mengobrol dengan diri sendiri di dalam hati, itu cukup menjadi sesuatu yang sama melegakan bukan ?.

Buat para mahasiswa yang tinggal di Jogja pastinya nggak puas dong kalau seumur umur kuliah di Jawa nggak pernah keluar dari Jogja, iya sih Jogja itu Istimewa dan wisatanya juga banyak, namun nggak ada salahnya juga kan jika mencoba main ke kota lain.

Kota Solo bisa jadi salah satu altenatif buat kalian berwisata. Jarak yang nggak begitu jauh dari Jogja, harga makanan yang murah murah dan banyak tempat yang sama menariknya dengan Jogja sudah pasti jadi alasan yang mutlak buat kamu harus berkunjung ke kota ini.

Tapi sebelum kalian berangkat dalam perjalanan kalian, sudah menjadi kewajiban yang seharusnya bagi seorang Traveler untuk selalu menyiapkan semua hal sebelum melakukan perjalanannya. Dalam artikel ini aku sudah rangkum sebagian dari apa aja yang harus kamu perhatiin ketika kamu akan berangkat.

  • Tentukan Gaya Travellingmu

Kamu perlu tau nih kamu mau traveling yang seperti apa karena itu nanti juga bisa mempermudah kamu ketika pengen nentuin tempat mana aja yang harus kamu kunjungi. Misalnya kamu pengen food traveling atau wisata sejarah kamu jadi bisa list tempat makan juga tempat bersejarah mana aja yang bisa kamu datengin dan makanan apa aja yang kudu kamu coba.

Sebagai orang yang kebetulan lahir di Solo aku kali ini pengen rekomendasi banget buat kamu untuk wisata kuliner disini, karena itu yang jadi salah satu andalan di kota Solo ini, dengan banyak variasi dan harga yang murah, cocok banget sih buat kamu yang pengen main tapi nggak mau keluar duit terlalu banyak.

  • Tentukan Destinasi

Cari  info tempat mana aja yang akan kamu kunjungi, ketika kamu sudah tau mau kemana aja, kamu bisa buat rute perjalanan yang lebih efisien yang bikin kamu nggak perlu muter bolak balik, selain pastinya bikin kamu makin capek tentu dong bakal habisin banyak uang juga.

  • Coba Gunain Transportasi Umum

Kamu bisa nih coba pakai transportasi umum di perjalananmu kali ini. Kota Jogja dan Solo termasuk kota yang memiliki akses kendaraan umum yang lengkap banget. Kamu bisa mulai berangkat dari Jogja pakai jasa ojek online atau Trans Jogja menuju stasiun, lalu lanjut naik kereta, oh iya saat ini untuk arah Solo-Jogja atau sebaliknya sudah ada moda KRL, ini bisa kamu gunain dengan cukup membeli kartu saat pertama kali dengan harga Rp. 35.000 aja, disitu sudah termasuk saldo sepuluh ribu yang bisa langsung kamu pakai. Begitu kamu tiba di Solo kamu bisa langsung lanjutin perjalananmu menggunakan bus Batik Solo Trans yang haltenya sudah berada tepat di depan stasiun buat keliling Solo.

Kamu juga bisa coba cari penyewaan sepeda, bisa di Jogja atau di Solo, kamu bisa kok bawa sepeda ke dalam KRL (ada ketetuannya ya tentunya).  Kamu bisa menikmati perjalananmu dengan lebih tenang dan juga dapet pengalaman baru yang menarik. Sedikit capek sih memang, tapi worth it kok buat di coba hitung hitung olahraga lah ya biar sehat gitu , coba lihat itu perut hahaha...

  • Bawa Barang Seperlunya

Ketika kita bepergian kita terlalu sering repot dengan barang barang yang nggak penting, rasa sayang ketika barang mau ditinggal, pikiran "siapa tau nanti kepake" selalu mengganggu, yang padahal pada akhirnya nggak terpakai, keluar dari tas pun enggak. Nah dari situ kamu bisa coba lebih perhatiin barang bawaanmu, satu tas aja cukup kok.

  • Tentuin Jadwal Keberangkatanmu

Kota Solo merupakan kota yang memiliki sebutan "kota budaya" berdasarkan itu pula Solo memiliki jadwal event yang sangat sering, nah kamu harus banget nih buat berkunjung setidaknya ke salah satu dari event yang ada di kota Solo, tentunya karena acara yang meriah juga kamu bisa melihat keragaman budaya Solo dalam festival atau event itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x