Mohon tunggu...
Kampung Nelayan Menyapa
Kampung Nelayan Menyapa Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Walisongo Semarang

KELOMPOK 86 - KKN MIT 14 UIN WALISONGO SEMARANG --- Official Account KKN MIT 14 Kelompok 86 πŸŽ“ UIN Walisongo Semarang πŸ“† 22 Juni - 4 Agustus 2022 πŸ“ Kp. Nelayan 🌊, Jakarta Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ikigai: Poin Penting untuk Menemukan Pekerjaan yang Sesuai Denganmu

9 Agustus 2022   18:56 Diperbarui: 9 Agustus 2022   19:12 133 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JAKARTA -- Di beberapa kesempatan kita sering kali mendengan istilah "ikigai " sebenernya apasih ikigai itu?

Mengutip dari (Satu Persen, 2021), secara filosofis IKIGAI adalah sebuah prinsip yang membantu hidupmu lebih bermakna, bermanfaat, dan seimbang guna meraih makna dan kebahagiaan sejati dalam hidup.Β 

Nah, mencari ikigai sendiri memang butuh waktu yang gak sebentar nih sobat, tapi sekali kamu menemukan ikigai dalam hidup dijamin deh hidupmu pasti akan berbeda!

Mencari ikigai sama pentingnya dengan mencari pekerjaan yang sesuai dengan diri kita. Di zaman serba canggih seperti ini, kita dituntut buat dapet "pekerjaan bagus" supaya bisa dipandang baik oleh tetangga.Β 

Sebagai job seekers pasti kita mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat kita dong. Apalagi kalau kamu mahasiswa, jurusan yang kamu tempuh biasanya akan mempengaruhi pekerjaan kamu nanti.

Melihat hal tersebuut, mahasiswa KKN MIT ke-14 kelompok 86 dari UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan webinar khusus buat kamu yang masih bingung setelah lulus mau kemana. Dipandu oleh Zainab Hauro Aisyah selaku anggota kelompok 86, webinar yang mengusung tema POST-UNI LIFE: STARTING YOUR EARLY CAREER ini mengundang Andreas Noviandika, seorang Legal Associate di Shipper, sebagai pembicara.

Dalam webinar kali ini, Andre sebagai mana biasa disapa, ngespill tips supaya kamu bisa memulai pekerjaan setelah lulus yaitu dengan menemukan ikigai-mu. Mengenal diri, mengetahui prioritas hidup, dan menggali lebih dalam pengalaman dan pengetahuan yang kamu punya bisa banget menjadi titik awal untuk menemukan pekerjaann yang cocok untukmu lho!

Meskipun tidak menutup kemungkinan kita bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang kita tempuh, memiliki prinsip ikigai dapat membantu untuk mendapat pandangan lebih jelas mengenai tujuan hidup kita.

Inada Susan (20) mengaku lebih percaya diri setelah mendapat pengetahuan baru tentang prinsip ikigai tersebut.Β 

Webinar ditutup dengan kutipan membangun dari pemateri, "soon enough you will find yourself in the shoes you always imagined yourself to be in" by Andreas Noviandika. Diharapkan, webinar ini dapat membuat temen-temen job seekers tetap semangat dalam menemukan pekerjaan yang sesuai jati dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan