Mohon tunggu...
Krisna Pamungkas
Krisna Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta

Fotograpgh Adict

Selanjutnya

Tutup

Travel

Destinasi Wisata Alam di Wonogiri

27 April 2021   02:38 Diperbarui: 27 April 2021   02:57 46 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Destinasi Wisata Alam di Wonogiri
Foto dari IG @danansibolang_

Wonogiri kota kota kecil yang berada di perbatasan antara Jawa tengah dan Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah dan juga dapat menyegarkan mata. Wonogiri sendiri adalah kota yang memang banyak ditemukan wisata wisata alam yang belum banyak orang yang tahu dan masih asri, dengan ke asriannya ini membuat wonogiri memiliki daya tarik sendiri dan berikut adalah beberapa wisata Alam yang ada di Wonogiri : 

  1. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri yang berada di berbatasan antara Purwantoro dan Ponorogo  ini memiliki pemandangan hamparan gunung gunung dari wilayah Ponorogo dan sekitarnya, membuat Bukit Cumbri ini memiliki daya tarik sendiri dengan pemandangan yang indah. Mulai banyak orang yang mendaki dan mengabadikan momen mereka saat mendai ke Bukit Cumbri. 

Bukit Cumbri ini hanya bisa di tempuh dengan cara mendaki bukit nya yang memiliki tinggi sekitar 638 mdpl, dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 - 2  jam perjalanan dari titik mulai mendaki. pemandangan sunrise akan mengobati capek yang dirasakan saat mendaki Bukit Cumbri ini. 




2. Watu Cenik 

Watu Cenik yang sebelum nya adalah landasan titik start untuk orang yang biasa melakukan palayang ke Waduk Gajah Mungkur, dikarenakan sekarang sudah tidak di fungsi kan sebagai landasan untuk start paralayang kemudian dialih fungsikan menjadi tempat wisata atau lebih banyak yang datang ke Watu Cenik untuk berswafoto. Watu cenik sendiri memiliki pemandangan yang berlatarkan Waduk Gajah Mungkur dan Gunung di sekitarannya. 

Watu Cenik bisa diakses menggunkan kendaraan, namun jalannya menanjak yang lumayan tinggi, kurang lebih 30 menit dari Wonogiri kota untuk bisa sampai ke Watu Cenik ini, sudah ada plakat petunjuk untuk yang baru pertama kali datang  dan ingin mengunjungi Watu Cenik. 


3. Puncak Joglo 

Puncak Joglo yang sebenarnya adalah Lancasan Pacu untuk start Paralayang ke Waduk Gajah Mungkur yang baru ( sebelumnya di Watu Cenik ), Puncak joglo juga memiliki pemandangan alam yang tak kalah indah dari Watu Cenik. Banyaknya warga yang datang membuat pemerintah daerah Wonogiri menjadikan Puncak joglo sebagai Obyek wisata dan di buatkanlah beberasa saranan seperti tempat berswafoto dan rumah-rumah joglo kecil untuk beristirahat setalah sampai diatas. 


Puncak Joglo belokasi di tempat yang sama dengan Watu Cenik namun jika mau ke Puncak Joglo harus mendaki lagi lebih tinggi untuk bisa sampai ke Puncak Joglo, dengan jalan tanjakan yang lebih curam dari sebelumnya, dan jalan ke Puncak Joglo masih bisa di lalui dengan kendaraan jadi tidak perlu takut kelelahan harus mendaki untuk datang ke Puncak Joglo.  


itulah beberapa dari sekian banyak destisani wisata yang ada di Wonogiri, tak kalah jika dibandingkan dengan daerah lain, dikarenakan sebenarnya Wonogiri kota kecil yang sebenarnya memiliki banyak sekali potensi wisata yang indah.


VIDEO PILIHAN