Mohon tunggu...
kouya marino
kouya marino Mohon Tunggu... marino kouya

berimanlah kepada Allah dan jangan syirik

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tauhid

9 Juli 2019   08:03 Diperbarui: 20 Juli 2019   22:18 112 1 1 Mohon Tunggu...

Apa keutamaan tauhid itu? Keutamaannya adalah agar mendapatkan keamanan yang sempurna di akhirat dari siksa Allah dan mendapatkan hidayah di dunia serta agar terhapus semua dosa.

"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Al-An'am: 82)

"Hak hamba atas Allah adalah Allah tidak akan menyiksa siapa yang tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatupun." (HR Muttafaqun 'alaihi)

Kita semua kaum muslimin harus mengetahui makna yang benar dari kalimat (tauhid) "Laa ilaaha illallaah" yaitu "Laa ma'buuda bihaqqin illallaah" yang artinya "tidak ada tuhan yang berhaq disembah/diibadahi kecuali Allah". 

Kalimat "Laa ilaaha illallaah" terdiri dari dua bagian yaitu an-nafyu (peniadaan) dan al-itsbaat (penetapan) yang merupakan hakikat dari Laa ilaaha illallaah. Yakni dari kata "laa ilaaha" terdapat an-nafyu yaitu meniadakan segala sesuatu yang diibadahi selain Allah baik berupa malaikat, nabi, rasul, orang shalih, batu, pohon, orang yang sudah meninggal atau lainnya dari makhluk-makhluk Allah. 

Dan dari kata "illallaah" terdapat al-itsbaat yaitu kita menetapkan bahwasanya hanya Allahlah satu-satunya Dzat yang berhak diibadahi, yang seluruh ibadah kita tujukan kepada-Nya. Kita serahkan do'a, sembelihan, nadzar, tawakkal, qurban, shalat, shadaqah dan semua jenis ibadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala semata tanpa menyekutukan-Nya sedikitpun.

Kita memohon kepada Allah agar menjadikan kita muwahhiduun (orang-orang yang bertauhid) sehingga berjumpa dengan-Nya dalam keadaan husnul khatimah. Amin Ya Mujiibas Saa`iliin. Wallaahu a'laamu bish-shawab. 

VIDEO PILIHAN