Mohon tunggu...
Koteka Kompasiana
Koteka Kompasiana Mohon Tunggu... Komunitas Traveler Kompasiana

KOTeKA (Komunitas Traveler Kompasiana) Selalu dibawa kemana saja dan tiada gantinya. | Koteka adalah komunitas yang didesain untuk membebaskan jiwa-jiwa merdeka. | Anda bebas menuliskan apapun yang berkaitan dengan serba-serbi traveling. | Terbentuk: 20 April 2015, Founder: Pepih Nugraha, Co-founder: Wardah Fajri, Nanang Diyanto, Dhave Danang, Olive Bendon, Gana Stegmann, Arif Lukman Hakim, Isjet, Ella | Segeralah join FB @KOTeka (Komunitas Traveler Kompasiana) Twitter@kotekasiana, Instagram @kotekasiana dan like fanspage-nya. Senang jika menulis di Kompasiana, memberi tag Koteka dan Kotekasiana di tiap tulisan anda! E-mail: Kotekakompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Event Komunitas Online Artikel Utama

Sabtu Ini Kita Rame-rame ke Sam Poo Kong, Semarang

8 Juni 2021   14:00 Diperbarui: 9 Juni 2021   12:10 439 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sabtu Ini Kita Rame-rame ke Sam Poo Kong, Semarang
Koteka Kompasiana

Hallo semua, apa kabar?

Sabtu lalu Komunitas Traveler Kompasiana sudah mengajak kalian ngobrol bareng staf Komite Palang Merah Internasional yang bertugas di jalur Gaza, Palestina. 

Maria Goreti Ika Riana dari Yogyakarta telah berbagi pengalaman menakjubkan di sana. Perempuan yang pernah bertugas di Yogya, Aceh dan Afganistan ini sebentar lagi akan hengkang dari tanah air ke Ukraina. 

Dia menggambarkan bagaimana pedihnya keadaan rakyat di sana. Banyak sarjana menganggur yang tidak mendapatkan pekerjaan karena lapangan kerja di sana tidak sebanyak negara-negara tetangga dan mereka tidak bisa keluar dari tanah airnya. Belum lagi ketahanan pangan dari masyarakat yang mengkonsumsi banyak roti ketimbang nasi ini, belum sekuat negara kita.

Syahdu sekali ketika Maria bercerita betapa Indonesia menjadi negara pendukung nomor satu negara ini. Orang Indonesia akan selalu disebut sebagai "brother" atau "sister" oleh orang Palestina. Semoga keadaan menjadi lebih baik setelah gencatan senjata.

Nah, Sabtu ini, dari luar negeri kita kembali ke Indonesia. Kali ini kita ke Semarang. Kota kelahiran admin Koteka yang ada di Jerman, Gana Stegmann dan tempat di mana ketua Koteka 2021 - Muslifa Aseani pernah tinggal. 

Di zoom Komunitas Traveler Kompasiana akan bercerita tentang lahirnya grup Kompasianer dari Semarang, Salatiga, Kudus dan sekitarnya, yang terlahir dari blog Kompasiana.com berikut kegiatannya. 

Gongnya, General Manager Sam Poo Kong, Anandita Rienaldi akan bertutur banyak tentang salah satu tempat wisata andalan Semarang kota "Hebat" ini. 

Sejarah Panglima Cheng Ho mengarungi lautan sampai terdampar ke Semarang dan kapalnya mangkrak di sana adalah sebuah sejarah yang sangat menakjubkan. 

Bagaimana sih, cerita zaman itu? Apa keajaiban Sam Poo Kong yang perlu kita tahu? Beberapa waktu tepatnya bulan Mei, klenteng sempat kebakaran, apa yang sebenarnya terjadi? Selama pandemi, bagaimana jumlah pengunjung di sana dan aturan apa yang diberlakukan? Jika ingin mengunjungi tempel ini dari kota kalian bisa pakai transportasi umum apa?

Untuk mengetahui penjelasannya, kami ajak teman-teman untuk bergabung di acara kolaborasi Koteka dengan Semarkutigakom dan Wisata Sam Poo Kong Semarang pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 12 Juni 2021
  • Pukul: 16.00-17.30 WIB Semarang, 11.00-12.30 CEST Stuttgart
  • Lokasi: Zoom
  • Pendaftaran: bit.ly/zoomingkoteka39
  • Hadiah: 10 tiket gratis Sam Poo Kong dan voucher pulsa dari Semarkutigakom

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN