Mohon tunggu...
Koteka Kompasiana
Koteka Kompasiana Mohon Tunggu... Komunitas Traveler Kompasiana

KOTeKA (Komunitas Traveler Kompasiana) Selalu dibawa kemana saja dan tiada gantinya. | Koteka adalah komunitas yang didesain untuk membebaskan jiwa-jiwa merdeka. | Anda bebas menuliskan apapun yang berkaitan dengan serba-serbi traveling. | Terbentuk: 20 April 2015, Founder: Pepih Nugraha, Co-founder: Wardah Fajri, Nanang Diyanto, Dhave Danang, Olive Bendon, Gana Stegmann, Arif Lukman Hakim, Isjet, Ella | Segeralah join FB @KOTeka (Komunitas Traveler Kompasiana) Twitter@kotekasiana, Instagram @kotekasiana dan like fanspage-nya. Senang jika menulis di Kompasiana, memberi tag Koteka dan Kotekasiana di tiap tulisan anda! E-mail: Kotekakompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Event Komunitas Online Artikel Utama

Mari Gabung Zoom bersama Keluarga Sultan dan Syed Taufik Uieks Sabtu Ini

5 Januari 2021   20:02 Diperbarui: 6 Januari 2021   14:54 138 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Gabung Zoom bersama Keluarga Sultan dan Syed Taufik Uieks Sabtu Ini
Jumpa Keluarga Sultan dan Syed Taufik Sabtu ini! (dok.Koteka)

Sejak zaman nenek moyang kita, pergi naik haji sudah merupakan kewajiban umat Islam yang dijalankan oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun.

Ternyata selain naik haji, umat Islam di Indonesia mulai banyak mengadakan perjalanan umroh dari waktu ke waktu. Umroh sebagai ibadah dalam agam Islam, hampir mirip dengan ibadah haji. Mulai dari tawaf di Ka'bah dan sa'i antara shofa dan marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat.

Hanya saja, umrah yang disebut juga sebagai haji kecil ini memiliki perbedaan tempat dan waktu dibanding ibadah haji. Jadi, umrah bisa dilaksanakan kapan saja tanpa ada ketentuan hari, bulan dan tahunnya.

Tentu fleksibiltas ini sangat mempermudah sebuah keluarga untuk menunaikannya. Beberapa orang bahkan berinisiasi melakukan umroh sendirian. Bagaimana dengan tren umroh bersama keluarga saat ini?

Mengapa umroh bersama keluarga sangat disarankan bagi keluarga Muslim di manapun mereka berada?  Menurut salah satu travel agency di Indonesia yang menyediakan jasa umroh bersama keluarga, ternyata ini beberapa alasannya umroh di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram bersama keluarga itu lebih baik dibandingkan sendiri:

  • Menambah pengetahuan anggota keluarga tentang agama Islam 
  • Momentum pendidikan anak , syiar Islam
  • Wisata edukasi religius bagi keluarga muslim
  • Memperkuat iman anggota keluarga  
  • Menjaga keharmonisan keluarga
  • Memperdalam ilmu anggota keluarga tentang sejarah Islam 

Kami, Komunitas Traveler Kompasiana adalah komunitas yang lahir di Kompasiana.com pada tanggal 20 April 2020. Tercatat 679 anggotanya tersebar di seluruh dunia. Untuk itu, kami ingin memberi gambaran pada anggota komunitas yang gemar travel ini, tentang bagaimana pengalaman keluarga yang telah menunaikan ibadah umroh bersama keluarga.

Diharapkan ini memberikan hikmah yang baik sampai memberikan inspirasi dan supaya jika suatu hari nanti ada yang berencana mengikuti ibadah ini akan siap lahir dan batin karena telah memiliki banyak informasi dan persiapan yang cukup.

Untuk itulah, kami mengundang keluarga Sultan (Annisa Hapsari dan Sultan Djorghi) dari Keluarga Sultan dan Syed Taufik Uieks, Kompasianer penulis buku "1001 masjid di 5 Benua", yang telah berpengalaman melaksanakan ibadah umroh bersama keluarga mereka. Kisah mereka akan bermanfaat bagi para peserta yang hadir, khususnya yang berencana ingin umroh bersama keluarga.

Sesuai peribahasa "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh", Koteka ingin menjalin kerja sama dengan kantor internasional UIN Walisongo atau Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, sebuah perguruan tinggi negeri di kota Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Universitas yang berdiri sejak 6 April 1970 dan memiliki bidang studi Islam. Direktor IO bapak Ahmad Syaiful Anam, S.H.I., M.H. akan memberikan sambutannya.

Untuk itu, besar harapan kami bahwa para mahasiswa UIN Walisongo ikut bergabung dalam acara talkshow agar semakin mengembangkan ilmu dan menambah pengalaman dari orang lain, membuka wawasan internasional dan ikut berdiskusi sesuai ilmu yang didapat di bangku kuliah. 

Zoom ini juga merupakan program yang cocok di masa pandemi, di mana orang masih tetap aktif dan terhubung meski melalui daring.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN