Mohon tunggu...
Kornelius Pius Unandani
Kornelius Pius Unandani Mohon Tunggu...

Calon Penulis

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Misteri Durian Brongkol

17 September 2018   07:16 Diperbarui: 18 September 2018   18:11 0 12 4 Mohon Tunggu...
Misteri Durian Brongkol
img-20180917-073320-min-5b9ef80f43322f09cb4e86e2.jpg

Brongkol adalah sebuah desa di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa tengah, Indonesia. Desa Brongkol berada di kaki Gunung Kelir. Desa Brongkol bisa dikatakan desa yang makmur karena mempunyai kebun di lereng Gunung Kelir yang sangat indah dan juga subur, dan di kaki Gunung Kelir juga terbentang sawah yang luas dan juga subur. 

Desa Brongkol ini sangat dikenal karena duriannya yang khas. Durian Brongkol ini mempunyai ciri-ciri berwarna kuning, mempunyai rasa manis dan juga ada yang rasanya pahit, serta aroma khas durian yang begitu menyengat dihidung kita. Buah ini tumbuh sekitar bulan Januari, Februari, dan Maret, tetapi juga masa panen durian ini bisa terjadi dua kali dalam setahun. Durian Brongkol ini dijual oleh penduduk dengan harga variasi antara Rp.10.000,00 sampai Rp.200.000,00. Tidak keliru jika Pemerintah Kabupaten merencanakan desa ini dikembangkan menjadi desa Agro Bisnis Durian. Tetapi memang terkendala oleh buah durian sendiri yang merupakan buah musiman .

Buah Durian Brongkol sudah berkali-kali memenangkan kejuaraan tingkat Nasional. Adapun jenis duriannya adalahdurian montong, musangking, pletot, kendil, kopek, jambon, sukun, kenteng , dan masih banyak lagi. Dari durian yang berlimpah ini, harapannya penduduk bisa mengolah lagi durian ini untuk dijadikan makanan/cemilan/minuman. Buah durian juga bisa diolah menjadi kue durian, dodol, asinan, susu durian, dan masih bayak lagi makanan/minuman berbahan dasar buah durian. Kini arilus durian juga diciutkan dan dibungkus lalu dibekukan untuk memperpanjang penyediaan durian. Dengan cara ini buah durian dapat diterima di pasaran ekspor. Durian juga bisa diolah lagi dalam bentuk es krim. Biji durian yang direbus atau dibakar dimakan sebagai makanan kecil dengan ditambahkan perasa untuk menambah daya tarik konsumen. Sebenarnya jika melihat kondisi alamnya terlebih sumber air yang berlimpah dan juga ditambah dengan kelezatan buah duriannya, penduduk asli Desa Brongkol bisa saja berwirausaha dan meraup keuntungan yang sangat besar. Dengan begitunya, perekonomian warga dan juga sumber daya manusia Desa Brongkol akan meningkat drastis.

img-20180916-052003-min-5b9f986a43322f2bc20fccd8.jpg
img-20180916-052003-min-5b9f986a43322f2bc20fccd8.jpg
Tetapi dibalik rasa pelangi durian ini, masih ada beberapa oknum penjual yang nakal yang memanfaatkan nama durian Brongkol ini. Ada beberapa kios atau toko penjual durian yang menjual duriannya mengatasnamakan durian Brongkol padahal sesungguhnya durian yang mereka jual bukan merupakan durian asli Brongkol. Cara membedakan buah durian asli Brongkol atau buah durian dari daerah lain memang sangat sulit, terutama pada buah durian dengan harga yang terjangkau karena rasa yang hampir mirip. 

Ada juga tips untuk membeli buah durian Brongkol ini dengan harga terjangkau, rasa pelangi, dan juga ukuran yang cukup mantap. Maksud saya disini menyebut rasa pelangi adalah dari rasa durian Brongkol yang memang beraneka rasa mulai dari yang manis, pahit, teksturnya lembek, dan tekstur pulen,sampai juga yang rasanya kecut juga ada yaitu durian busuk (bercanda). Tetapi memang para pedagang disini juga menjual durian BS yang artinya durian busuk. Durian busuk disini dijual dengan harga yang sangat murah meriah, mulai dari Rp.10.000,00 sampai Rp. 15.000,00.

 Membahas tentang durian BS (busuk), durian ini tidak sepenuhnya busuk, hanya beberapa bagian saja yang busuk dan bagian yang lain masih bisa dimakan buahnya. 

Kembali lagi ke tips untuk membeli buah durian Brongkol. Yang pertama, pastikan anda membawa uang dan itu wajib dan merupakan dasar proses transaksi jual beli. Kedua, untuk menhindari kenaikan harga yang lumayan banyak, usahakan anda berbicara menggunakan bahasa jawa karena bisa kemungkinan jika anda berbicara menggunakan bahasa indonesia, pedagang akan berfikir kalau anda adalah orang jauh. Terakhir, jika anda ingin harga yang murah dan kualitasnya juga oke, anda bisa langsung membeli pada bakulnya langsung atau anda bisa masuk ke gang gang yang mengarah ke selatan karena disitulah pusatnya pemilik pemilik durian.

Sekian artikel dari saya. Semoga dengan adanya artikel ini, semua pencinta buah durian bisa berbondong-bondong datang ke Desa Brongkol dan bisa menjadikan Desa Brongkol ini sebagai obyek wisata unggulan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x