Mohon tunggu...
Kornelis Jama Nuna
Kornelis Jama Nuna Mohon Tunggu... Penulis - Berkarya adalah sebuah seni yang indah

Berkarya bagiku adalah sebuah seni yang indah dan mengesankan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Merealisasikan Etika di dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

2 Agustus 2021   17:04 Diperbarui: 2 Agustus 2021   17:33 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merealisasikan Etika di dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Etika berasal dari Bahasa Yunani Ethikos yang berarti timbul dari kebiasaan. Berarti Etika timbul karena berdasarkan kebiaan yang dipandang baik dari kelompok masyarakat, yang dilakulan secara berulang-ulang, Sehingga etika itu dijadikan kebiasaan didalam kelompok masyarakat sosial turun temurin dan juga berkaitan dengan moral. 

Didalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara Etika merupakan tolak ukur terciptanya Kerukunan Bangsa didalamnya berbagai macam Suku Bangsa. Oleh karena itu kita harus selalu merealisasikan ke regenerasi supaya Persatuan terjaga, serta harkat dan martabat bangsa terlindungi. 

Apalagi dijaman Teknologi canggih saat ini banyak hal-hal yang bisa mempengaruhi para gererasi penerus bangsa. Dan dengan demikian kita harus menumbuh kembangkan Etika didalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang besar ini.

Poin Penting : Utamakanlah rasa saling menghormati agar selalu terciptakan rukun, damai dan sejahtera.  Dan kita juga sudah mengetahui bahwa Negara kita tercipta dari perbedaan, maka dari itu jadikanlah perbedaan itu untuk saling melengkapi. 

Karena kita Bersaudara sebangsa dan Setanah air, dan janganlah kita mudah terprovokasi dengan pengaruh dari luar. Karena mereka akan sangat   senang dan bahkan bahagia sambil ketawa, ketika melihat Bangsa kita itu hancur karena senjata ampuh adu domba itu. 

Kalau kita utamakan etika, atau akhlak yang baik selalu tercipta didalam kehidupan Bangsa yang besar ini maka  akan selalu tetap kokoh di mata dunia. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN