Mohon tunggu...
Iwayan Dian
Iwayan Dian Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

AMRI Menyatakan Sikap Tegas

20 Juni 2017   22:18 Diperbarui: 20 Juni 2017   22:24 0 0 0 Mohon Tunggu...

SURAT PERNYATAAN SIKAP PENOLAKAN ORGANISASI MASYARAKAT  BERLATAR BELAKANG RADIKALISME

Kami Aliansi Mahasiswa Republik Indonesia (AMRI) dengan ini menyatakan sikap :

1. Menolak seluruh Organisasi Masyarakat (ORMAS) berpaham radikal yang kini sudah menjangkiti aliran-aliran sosial, politik, budaya, dan ekonomi.

2. Menolak seluruh ORMAS berpaham radikal yang mengatasnamakan agama dengan maksud mengadakan perubahan sampai ke akarnya melalui metode kekerasan dan menentang struktur masyarakat yang ada. Beberapa dari mereka juga menghendaki perubahan secara bertahap dalam membentuk masyarakat dan tata kehidupan sosial yang baru.

3. Menolak segala bentuk dakwah penyebaran kebencian, teror mental, fitnah dan adu-domba antar sesama kaum muslimin.

4. Menolak segala kegiatan ORMAS yang sehubungan dengan penyebaran ideologi radikal dalam bentuk kajian ilmiah, taklim harian dan lain sebagainya.

5. Menolak tindakan ORMAS yang menggunakan teror sebagai tindakan simbolis yang dirancang untuk mempengaruhi kebijaksanaan dan tingkah laku politik dengan cara-cara ekstranormal, khususnya penggunaan ancaman kekerasan

Radikalisme adalah suatu paham yang menghendaki adanya perubahan atau pergantian terhadap suatu sistem di masyarakat sampai ke akarnya, jika perlu dilakukan dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Kelompok ini juga menginginkan adanya perubahan total terhadap suatu kondisi atau semua aspek kehidupan masyarakat.

Kelompok radikal ini berani untuk menghendaki penjungkirbalikan keadaan awal pemerintah yang dapat digoyahkan karena ada faktor-faktor yang belum jelas dari keadaan pemerintah yang kuat. Oleh sebab itu, sekelompok masyarakat ini berani menarik dan mengumpulkan masyarakat lain yang juga memiliki kritik terhadap negara untuk dapat menggulingkan keadaan yang ada.

Radikalisme harus menjadi perhatian kita semua karena meraka bukan saja musuh Agama tetapi juga musuh kemanusiaan. Masalah ini harus terlebih dahulu ditangani pada tingkat intelektual, ilmiah dan budaya. Islam, bangsa dan masyarakat sedang terancam oleh pemikiran Ekstremisme dan Radikalisme Kita harus mengatasi akar masalah, bukan sekedar menangani dampaknya. Demi menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia dan mengokohkan Pancasila sebagai landasan bangsa yang final.

Maka dengan itu, kami Aliansi Mahasiswa Republik Indonesia (AMRI) menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat yang cinta kedamaian untuk menolak ORMAS berpaham radikal dan seluruh kegiatannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2