Mohon tunggu...
kopi barbar
kopi barbar Mohon Tunggu... Bismillahirtohmanirrohim

My name is Siti Robiqoh

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Positive Side of Online Learning During Pandemic

27 Februari 2021   17:25 Diperbarui: 27 Februari 2021   17:45 25 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi sebagian orang, atau siswa atau mahasiswa. Pandemic adalah sebuah kutukan terbesar yang pernah mereka alami. Mengerjakan segalanya dengan online oleh karena hal itu, membuat mereka mengeluh ketika melakukan pembelajaran online. Hal-hal yang sering mereka keluhkan adalah tentang kesehatan, tugas yang semakin banyak, dan sebagainya.

Namun, di lain sisi dari itu semua, pndemi juga membawa banyak keberkahan bagi kaum rebahan, kaum malas mandi, kaum malas keluar rumah, atau yang seringb disebut sekarang sebagai anak rumahan. Selain itu ada banyak benefit yang kita dapatkan saat pembelajaran secara online yang bersifat mendidik.

Saat pembelajaran secara online dilaksanakan, dan sudah menjadi ketetapan saat pandemic seperti ini, mahasiswa atau siswa banyak mengeksplor kemampuan mereka dalam lebih membuat gadget/smartphone lebih berguna dari pada saat pembelajaran secara offline. Kenapa bisa begitu?

Karena, saat pembelajaran online dilaksanakan, mereka akan menggunakan HP mereka dengan sebaik mungkin untuk lebih banyak mencari permasalahan yang ada di sekitar mekera, atau mencari solusi dari masalah apa yang mereka hadapi. Ketika sekolah offline, siswa atau mahasiswa lebih sering menggunakan handphone mereka untuk upload story tidak penting, bermain game hingga lupa makan tidur, dan masih banyak hal lain. Walaupun ketika sekolah offline mahasiswa atau siswa juga menggunakan Hand phone mereka untuk mencari solusi dari permasalhan yang mereka hadapi, namun tidak ssesering ketika seolah offline.

Siswa atau mahasiswa jadi banyak tahu tentang fitur-fitur pembelajaran yang baik. Dari sekolah offline, kita sebahagai siswa dan mahasiswa jadi lebih tahu dan lebih faham dengan penggunaan teknologi yang baik dan benar. Jadi, kuota yang kita habiskan sehari-hari tidak tebuang sia-sia. 

Dari hal ini juga bisa membuat mahasiswa jurusan teknologi dan sejenisnya banyak menemukan ide untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan dengan sangat mudah, dan tidak melibatkan banyak tenga untuk melakukan pembelajaran secara ribet.

Dengan begitu, kita sebagai pengguna aplikasi juga ikut menikmati dampak baiknya dengan memilih salah satu dari sekian banyak aplikasi yang bagus, yang telah mereka-mereka ciptakan, demi pembelajaran secara online dapat berjalan dengan lancar. Membuat siswa atau mahasiswa semakin kreatif.

Dengan adanya pembelajran secara online, dapat membuat siswa yang awalnya tidak bisa atau tidak mau menuangkan idenya untuk berpartisipasi dalam tugas video menjadi mau mengerjakan hal tersebut. Biasanya mereka yang diam-diam di kelas, memiliki bakat yang luar biasa di luar ruangan.

Oleh sebab itu, pembelajaran online sangat menolong mereka yang diam di kelas menjadi aktif di luar kelas, dan juga anak yang aktif di luar kelas lebih mengerti dan faham mengenai cara-cara pembuatan video yang bagus dan menarik dengan tingkat kreatifitas mereka masing-masing

Meski begitu, kita tidak boleh meng-klaim bahwa yang aktif di dalam kelas adalah orang yang cupu ketika di luar kelas. Bisa jadi mereka juga punya kemampuan yang lebih besar untuk membuat tugas-tugas mereka jadi lebih menarik untuk dibaca atau ditonton.

Pada akhirnya, sebenci apapun kita terhadap pembelajaran online yang saat ini menyusahkan bagi kita, kita tidak bisa menolaknya. Terlebih dari pembelajaran online kita dapat mengambil banyak hikmahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN