Mohon tunggu...
Yudho Sasongko
Yudho Sasongko Mohon Tunggu... Freelancer - Writer, Hiker, Runner

Aku, antara lain: instagram-kontura_montana; facebook-kontura.montana; twitter-@sasongko_yudho

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pemerintah Rangsang Gairah EuroCham Melalui BKPM

18 April 2020   14:59 Diperbarui: 18 April 2020   15:06 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemerintah Rangsang Gairah EuroCham Melalui BKPM
Pexels/Freestock.org

Ibarat serunya adik kecil ingusan tak punya apa-apa berjalan dengan kakaknya yang penuh bekal. Di mana keduanya ceria memperebutkan bekal.

Itulah perbandingan imajinatif antara Kamar Dagang dan Industri Eropa di Indonesia (EuroCham) dengan Industri kecil dan menengah (IKM). Sungguh kontradiktif sekali.

Kemudian datanglah sang Ibu. Dialah Pemerintah yang diwakili oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM). Mendudukkan keduanya dengan damai di sebuah tempat sejuk yang bertajuk Outlook Ekonomi dan Investasi Indonesia tahun 2020.

Pahamlah bahwa Industri Kecil dan Menengah (IKM) adalah sebuah usaha aneka jenis produk untuk dimanfaatkan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah). Keduanya seperti anak kecil ingusan tadi yang perlu perlindungan dan kebijakan sang Ibu.

Oleh karena itu, BKPM menyambut baik seluruh upaya kolaborasi antara Pemerintah dan sektor swasta. Seperti halnya dengan EuroCham yang mewakili pebisnis Eropa di Indonesia.

Tema mediasi cukup menarik, “kemudahan berusaha di Indonesia serta upaya yang dilakukan pemerintah untuk menarik investasi dan meningkatkan perekonomian”. Intinya, guna meningkatkan kepercayaan investor Eropa terhadap Indonesia.

Selain untuk tinjauan potensi ekonomi dan investasi tahun 2020, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk sosialisasi upaya perbaikan yang sedang dilakukan oleh Pemerintah.

Fokus yang dipertajam adalah untuk memperbaiki kemudahan investasi. Termasuk juga yang berhubungan erat dengan tax holiday pada RUU Perpajakan Omnibus Law guna mempermudah investor asing masuk ke Indonesia.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Eropa di Indonesia (EuroCham) merupakan perwakilan dari Asosiasi Kamar Dagang dan Industri Eropa yang berpusat di Brussel. EuroCham tentunya merupakan jembatan emas penghubung antara Pemerintah dengan 20 juta perusahaan dari 45 anggota Kamar dagang Eropa di Brussel, Jerman.

Apalagi EuroCham didukung oleh jaringan Eropa dengan 1.700 Kamar dagang regional ataupun lokal. Total lebih dari 93% dari bisnis ini adalah berjenis perusahaan kecil dan menengah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x