Mohon tunggu...
Yohanes R. Setiawan
Yohanes R. Setiawan Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan Bisnis dan Pemasaran

Konsultan Independent, Marketing Planner, Praktisi BMC, Brand Advisor, Internal Auditor ISO 9001 : 2015. website Konsultanniaga.com , IG : @elnusaconsulting , @hallo_robby saya akan mencurahkan keresahan saya terhadap dunia bisnis pada masa sekarang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Untuk Para Wanita Tangguh yang Memiliki Peran sebagai "Single Parent"

14 Maret 2021   21:32 Diperbarui: 15 Maret 2021   21:21 1887
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Ibu SIngle Parent (Sumber: christianheadlines.com)

Tulisan ini saya persembahkan untuk para wanita tangguh dimanapun mereka berada yang saat ini sedang memiliki peran yang sangat hebat, menjadi seorang single parent atau orang tua tunggal bagi anak-anaknya, yang harus menjadi seorang ibu sekaligus ayah bagi anak-anaknya. 

Saya adalah seorang anak yang dibesarkan oleh seorang ibu yang menjadi single parent sejak 11 tahun yang lalu. 

Saya sangat bersyukur ibu saya adalah seorang wanita yang tangguh yang pernah saya kenal selama saya hidup didunia ini, saya merasa sangat bersyukur memiliki seorang ibu yang setangguh dan sesabar beliau. 

Saya telah menemui berbagai kehidupan seorang single parent yang membuat saya selalu ingin menangis ketika mengetahui penyebab mereka menjadi single parent hingga bagaimana perjuangan mereka bertahan hidup dengan tetap bertanggung jawab terhadap anak-anaknya.  

Tulisan ini saya bagi kedalam dua bagian, yang pertama saya ingin menggambarkan hal-hal apa dan bagaimana kesulitan yang dialami posisi seorang ibu single parent. Sedangkan yang kedua saya akan menggambarkan bagaimana kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh seorang anak yang dibesarkan oleh seorang ibu single parent.

Ibu Single Parent

Ada banyak alasan atau penyebab seorang wanita menjadi seorang ibu single parent, tetapi kita tahu hanya ada 2 penyebab utama, yaitu seorang istri yang ditinggal oleh suaminya yang tutup usia, dan berpisah dengan suaminya dengan cara bercerai. 

Apapun penyebab seorang ibu menjadi single parent mereka akan menghadapi masalah yang sama, yaitu bertanggung jawab membesarkan anak - anak seorang diri. 

Di sinilah kesulitan-kesulitan datang silih berganti, mulai tentang dari mana mendapatkan biaya hidup, bagaimana menemani dan mengajari anak tentang berbagai hal, jika anak-anaknya masih kecil , ibu tersebut ingin bekerja tetapi tidak ada yang menjaga anaknya dirumah, maka dilema dan kesulitan harus ditanggung oleh ibu tersebut.

Lebih lagi jika ibu tersebut tidak memiliki background pendidikan dan pengalaman yang memadai, sehingga beliau kesulitan mendapatkan pekerjaan dengan standar upah layak dan jam kerja kantoran. 

Di situlah peran dukunngan keluarga dibutuhkan, ada banyak yang mampu hidup bahagia dengan kembali kerumah orang tua atau mertua, tetapi tidak sedikit yang harus berusaha sendirian dengan kondisi jauh dari keluarga..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun