Mohon tunggu...
Yohanes R. Setiawan
Yohanes R. Setiawan Mohon Tunggu... Konsultan Bisnis dan Pemasaran

Konsultan Independent, Marketing Planner, Praktisi BMC, Brand Advisor, Internal Auditor ISO 9001 : 2015. website Konsultanniaga.com , IG : @Konsultanniaga , @klinikusaha. saya akan mencurahkan keresahan saya terhadap dunia bisnis pada masa sekarang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peluang Sektor Pariwisata di Era New Normal

10 Juni 2020   10:50 Diperbarui: 10 Juni 2020   11:22 457 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peluang Sektor Pariwisata di Era New Normal
pariwisata-indonesia-era-new-normal-5ee05e6ed541df2bf97efb72.jpg

Pariwisata di Era New Normal atau The New Normal Pariwisata Indonesia akan segera dimulai, tidak sabar rasanya terakhir kali jalan - jalan bersama teman maupun keluarga sudah beberapa bulan yang lalu, ketika kita jalan - jalan , hal apa yang paling senang kita lakukan?, tentu saja selain melihat pemandangan yang berbeda, kita tentu ingin makan - makanan yang berbeda yang khas yang dijual di tempat wisata tersebut, selain itu pasti kita senang bertemu orang lokal untuk sekedar berbincang - bincang yang mungkin topiknya itu - itu saja :)

Selain itu hal menarik lainnya adalah merasakan suasana keramaian di tempat wisata, karena keramaian pengunjung identik dengan suasana liburan, dan yang tidak kalah penting, adalah Hotel atau tempat penginapan, Yup, yang satu ini tidak kalah penting, karena bukan hanya sebagai tempat beristirahat namun juga sebagai tempat merasakan suasana baru, kalau biasanya beristirahat dikamar di rumah, saat liburan merasakan tidur di tempat tidur yang berbeda dan mandi dikamar mandi yang berbeda. 

nah semua hal itu sudah biasa kita lakukan jika kita berlibur ke daerah wisata namun semua hal itu berubah setelah Negara api menyerang, eh.. gimana gimana ? :D, becanda ya, yang benar itu berubah setelah Tamu yang tak diharapkan yang bernama Covid19 datang, ya si Covid ini menakuti seisi dunia, karena kehadirannya yang tak kasat mata tapi bukan hantu , namun dapat mencabut nyawa siapa saja yang ia hinggapi, sehingga membuat semua orang takut dan harus berdiam diri dirumah.

Akibatnya sektor pariwisata lumpuh total dalam beberapa bulan terakhir ini, namun seiring berjalannya waktu dan segala upaya kita bersama, covid19 perlahan - lahan bisa dikendalikan, dan manusia tidak bisa berdiam diri dirumah selamanya, manusia harus terus bergerak dan menghidupkan roda perekonomian bagi keluarganya dan orang lain, lalu bagaimana kah peluang Sektor pariwisata indonesia di era new normal ? dan apakah yang harus di persiapkan oleh para pelaku usaha di sektor pariwisata?

setiap orang sudah tidak sabar ingin berlibur, namun karena selama masa pandemi ini banyak yang kehilangan pemasukan dan tabungan terkuras akibat harus bertahan hidup dari rumah, mungkin sektor pariwisata tidak akan berkembang terlalu cepat, namun akan perlahan membaik seiring membaiknya perekonomian dan menurunnya angka penyebarangan covid19, untuk mendukung terjadinya keadaan yang membaik para pelaku bisnis di sektor pariwisata harus menyiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. pertama pelaku usaha harus menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah di usahanya masing - masing.
  2. kedua pastikan seluruh karyawan juga menjalankan protokol kesehatan untuk diri mereka sendiri dan keluarga agar memastikan kesehatan dan keamanan untuk semua pihak.
  3. ubah pemasaran untuk menarik wisatawan lokal , jangan dulu berharap wisatawan yang dari luar daerah yang jauh, karena selain masyarakat masih berpikir dua kali untuk bepergian ke tempat yang jauh, karena selain harus mengurus ijin keluar daerah, banyak orang belum berani menggunakan moda transportasi umum. sehingga masyrakat yang paling memungkinkan menjadi target market adalah masyrakat lokal.
  4. jika pendanaan habis selama masa pandemi, carilah sumber pendanaan yang tidak memberatkan, seperti investor lokal, maupun mengurangi layanan wisata untuk mengurangi biaya operasional di awal awal pembukaan usaha.

itulah beberapa hal yang harus di persiapkan untuk menyambut Pariwisata di Era New Normal.

semoga bermanfaat, tinggal kan komentar mu :)

Salam Sejahtera untuk kita semua #StafSafe

VIDEO PILIHAN