Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini Dimulai dari Rumah

4 November 2021   04:00 Diperbarui: 4 November 2021   04:03 572 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menumbuhkan minat baca anak sejak dini (Diolah Kompasiana dari sumber: Pexels/ Lina Kivaka)

Saat ini kemujuan teknologi banyak memberikan kemudahan bagi manusia. Meski, kemajuan teknologi banyak membawa dampak positif salah satunya mempermudah seseorang mendapatkan informasi. Namun nyatanya, hal tersebut juga dapat membawa dampak negatif jika digunakan tidak dengan bijak.

Sayangnya, meski kemajuan teknologi dapat membawa dampak negatif, penggunanya justru semakin meningkat dan tidak hanya dari kalangan orang dewasa namun juga anak-anak.

Selain itu, kemajuan teknologi juga memengaruhi minat membaca pada anak. Padahal, minta baca yang ditanam sejak dini dapat membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang berwawasan luas dan juga memiliki komunikasi yang baik karena bertambahnya perbendaharaan kosakata.

Oleh karena itu, sudah saatnya orang tua mulai membatasi penggunaan teknologi pada anak dan mulai menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Lantas, bagaimana caranya?

Berikut Kompasiana telah merangkum konten-konten menarik dan populer mengenai membangun literasi sejak dini hingga tips travel sendirian ke luar negeri.

1. Investasi Buku dan Pustaka Mini, Sarana Membangun Literasi sejak Dini dari dalam Rumah

Ilustrasi perpustakaan mini di rumah (Sumber: unsplash via kompas.com)
Ilustrasi perpustakaan mini di rumah (Sumber: unsplash via kompas.com)
Dalam lingkup keluarga, membangun budaya literasi bagi anak perlu dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik. Sayangnya, mengimplementasikan hal positif tersebut bukanlah perkara mudah.

Meski begitu, membangun budaya literasi tetap harus dibangun sejak dini, salah satunya hal yang dapat dilakukan oleh orang tua ialah dengan membangun ruang baca dan investasi buku di rumah. (Baca selengkapnya)

2. Lebih Cerdas (Lagi) Kelola Finansial di Tengah Menjamurnya Bank Digital

Kehadiran digital banking mempermudah transaksi (Sumber: shutterstock via kompas.com)
Kehadiran digital banking mempermudah transaksi (Sumber: shutterstock via kompas.com)
Penggunaan teknologi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Apalagi dengan menjamurnya bank digital yang dapat diakses melalui gawai, tentunya semakin mempermudah semua orang untuk melakukan transaksi.

Namun perlu diingat, meski bank digital menawarkan kemudahan, sudah sepatutnya Anda juga dapat bersikap bijak dalam mengelola finansial terutama di situasi yang tidak pasti seperti di masa kini. (Baca selengkapnya)

3. Mempersiapkan Dunia Kita di Masa Tua Nanti

tua-6182a04fb4ab2e7f0d3d38d4.jpg
tua-6182a04fb4ab2e7f0d3d38d4.jpg
Ilustrasi lansia (Sumber: shutterstock via kompas.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan