Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kisah Pilu Dikejar Rentenir hingga Fenomena Ketindihan Saat Tidur

3 November 2021   04:00 Diperbarui: 3 November 2021   06:32 664 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi terjebak rentenir (Diolah Kompasiana dari sumber Shutterstock/Melimey)

Berutang merupakan hal yang mungkin hampir semua orang pernah melakukannya. Bahkan, tak jarang jika sudah terdesak membutuhkan uang, beragam cara pun dilakukan, seperti salah satunya dengan meminjam uang lewat rentenir.  

Pencairan dana pinjaman yang cepat serta prosesnya yang mudah, membuat pinjaman melalui rentenir nyatanya masih menjadi pilihan. Meski, bunga yang dibebankan cukup besar, tak jarang beberapa orang justru menghiraukannya. Padahal dalam banyak kasus, rentenir sering kali berperilaku sewenang-wenang apabila peminjam terlambat membayar cicilan.    

Oleh karenanya, jika Anda sedang terdesak dan memutuskan untuk berutang, ada baiknya Anda melakukan pinjaman melalui perusahaan teknologi finansial yang sudah terdaftar oleh OJK guna terhindar dari rentenir abal-abal.  

Selain membahas lika-liku berutang melalui rentenir, masih banyak artikel menarik dan terpopuler di Kompasiana: dari trik menyimpan bawang merah agar tahan lama hingga fenomena ketindihan saat tidur yang sering dikaitkan dengan hal mistis.

1. Liku-liku dengan Rentenir yang Penuh dengan Luka-luka

Ilustrasi meminjam uang atau berutang (Sumber: Thinkstockphotos via kompas.com)
Ilustrasi meminjam uang atau berutang (Sumber: Thinkstockphotos via kompas.com)
Berutang merupakan sesuatu yang pasti pernah dilakukan oleh sebagian orang. Namun, terkadang sebagian orang memili tujuan yang berbeda dalam berutang; ada yang karena memang membutuhkan dana yang mendesak atau berutang hanya demi memenuhi kebutuhan gaya hidup.  

Meski berutang bukan merupakan hal yang salah, namun nyatanya banyak dampak negatif yang timbul akibat dari berutang, apalagi jika berutang kepada rentenir. (Baca selengkapnya)

2. Trik Menyimpan Bawang Merah di Lemari Es agar Tahan Lama

Ilustrasi menyimpan bawang merah (Sumber: Shutterstock/abamjiwa al hadi via kompas.com)
Ilustrasi menyimpan bawang merah (Sumber: Shutterstock/abamjiwa al hadi via kompas.com)
Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang wajib ada saat memasak. Biasanya, banyak orang yang membeli bawang merah dalam jumlah yang banyak untuk persediaan. Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara menyimpan bawang merah yang benar.

Nah, supaya bawang merah yang sudah dibeli tahan lama dan tidak mudah busuk, tips berikut ini wajib Anda coba di rumah. (Baca selengkapnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan