Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mendidik Anak Saat Masa Pubertas, Apa Saja Tantangannya?

21 Oktober 2021   21:21 Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:55 522 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pubertas (sumber: shutterstock.com via kompas.com)

Masa pubertas merupakan masa yang pernah kita semua lewati, atau bahkan untuk beberapa dari Kompasianer sedang mengalami sekarang.

Pubertas identik dengan perubahan dari segi fisik dan mental. Bagi banyak orangtua, anak yang mulai meninggalkan masa remaja dan beranjak dewasa memerlukan atensi dan pengertian lebih dalam menghadapi perubahan yang disebabkan oleh pubertas.

Periode pubertas yang dialami oleh remaja yang akan beranjak dewasa tak jarang dapat memicu friksi antara anak dengan orangtua. 

Kareananya, demi mencegah konflik antara anak dengan orangtua, penting rasanya bagi orangtua untuk betul-betul memahami apa dialami sang anak.

Nah, apa saja langkah yang mesti orangtua lakukan dalam menghadapi dan membantu anak yang sedang pubertas?

Untuk menambah wawasan Kompasianer dalam menghadapi masa pubertas anak, berikut 3 konten pilihan terkait topik tersebut:

1. Enam Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Anak Masuk Masa Puber

Ilustrasi remaja di masa puber (sumber: shutterstock.com via kompas.com)
Ilustrasi remaja di masa puber (sumber: shutterstock.com via kompas.com)

Remaja yang baru memasuki masa puber memiliki berbagai pola uniknya masing-masing. Umumnya, pubertas terjadi di antara umur 10 sampai dengan 15 tahun.

Kompasianer Nina Sulistiati yang merupakan seorang guru di SMPN 2 Sukabumi, memberi sedikit insight mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan orangtua saat anak masuk ke dalam masa puber.

Menurut artikel yang dibuatnya, terdapat 6 hal penting yang patut menjadi perhatian orangtua. Pada intinya, orangtua perlu menjalin relasi selayaknya berteman dengan anaknya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan