Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Belum Coba Belum Afdal! Ini 25 Takjil Buka Puasa Khas Daerah di Indonesia

13 April 2021   16:45 Diperbarui: 14 April 2021   11:19 164 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belum Coba Belum Afdal! Ini 25 Takjil Buka Puasa Khas Daerah di Indonesia
Ilustrasi | element.envanto.com

Menjelang berbuka adalah waktunya berburu takjil. Nah, biasanya menu takjil apa yang kamu pilih untuk teman berbuka puasa?

Kali ini Kompasiana punya banyak banget rekomendasi kuliner takjil buka puasa yang wajib banget kamu coba biar puasa kamu bulan ini makin afdal.

Berikut rekomendasinya:

Kicak, Takjil Legendaris Khas Yogyakarta

Di Yogyakarta ada satu jajanan khas yang hanya dibuat dan dijajakan pada bulan Ramadhan, "Kicak" namanya.

Warga kota Jogja mengenal panganan ini sebagai takjil asli Kauman, sebuah kampung legendaris di Jalan Ahmad Dahlan yang dikenal sebagai tempat kelahiran Muhammadiyah.

Cita rasa Kicak sangat khas dan mencerminkan selera lidah masyarakat Yogyakarta. Terbuat dari beras ketan atau jadah yang dicampur gula pasir membuat Kicak terasa lembut sekaligus manis di lidah. (Baca selengkapnya)

Takjil Khas Makassar, Barongko hingga Es Pallu Butung

Antusias masyarakat dalam berburu makanan buka puasa di bulan Ramadan sangatlah tinggi. Ketika sore menjelang, pasar-pasar yang menjual berbagai panganan buka puasa akan ramai dibanjiri oleh para pencinta kuliner.

Di Makassar ada beberapa makanan khas  buka puasa yang sering diburu oleh pencinta kuliner. Umumnya mereka mencari barongko, sebagai teman berbuka.

Barongko merupakan salah satu kue basah khas suku Bugis, Makassar. Belum banyak orang di luar Makassar yang mengetahui kue yang satu ini. Kue ini memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Ada juga es pallu butung. Es ini memiliki kemiripan dengan Es Pisang Ijo, namun tetap terdapat perbedaan di antara keduanya. Perbedaankedua makanan ini terdapat pada adonan balutan berwarna hijau yang membungkus kedua makanan ini. (Baca selengkapnya)

Takjil Khas Kota Semarang

Setidaknya ada lima takjil khas Semarang yang biasa diburu saat berbuka puasa. Salah satunya adalah lumpia gang lombok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN