Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Bikin Kartu Prakerja Gelombang 12

22 Februari 2021   03:51 Diperbarui: 22 Februari 2021   14:05 763 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Bikin Kartu Prakerja Gelombang 12
Calon peserta Kartu prakerja gelombang 12 sudah bisa membuat akun. Sumber: Kompas.com

Program Kartu Prakerja Gelombang ke-12 memang belum dibuka. Namun para calon peserta sudah bisa membuat akun terlebih dahulu di situs resmi Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id.

Hal tersebut sudah dipastikan oleh Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.

Louisa mengatakan, calon peserta yang berminat mengikuti program Kartu Prakerja sudah bisa membuat akun di situs resmi Kartu Prakerja. Sedangkan bagi yang sudah memiliki sebelumnya bisa memperbarui data apabila diperlukan.

"Bagi mereka yang sudah memiliki akun di tahun 2020 tetapi belum lolos seleksi bisa melakukan pembaharuan akun andaikata ada data yang berubah," kata Louisa, dikutip dari Kompas.com.

Untuk jadwal dibukanya gelombang ke-12, Louisa mengatakan akan diumumkan oleh pihak Manajemen Pelaksana Program di kemudian hari.

Tak ketinggalan, Louisa menyampaikan kepada masyarakat agar berhati-hati atas situs-situs dan penipuan program palsu yang mengatasnamakan Kartu Prakerja Gelombang 12. Terlebih di dalamnya terdapat data diri pribadi.

Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti program Kartu Prakerja Gelombang 12 ini setidaknya ada beberapa persyaratan yang mesti disiapkan dan dipenuhi, antara lain:

  • WNI
  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Kalau kamu sudah memenuhi persyaratan tersebut, selanjutnya adalah membuat akun di prakerja:

  • Kunjungi www.prakerja.go.id
  • Isi data diri akun seperti nama lengkap, email, hingga sandi akun
  • Cek email yang didaftarkan untuk proses verifikasi

Bila proses verifikasi berhasil, kamu diharuskan kembali ke laman www.prakerja.go.id untuk melengkapi data diri pribadi yang tersedia di tiap kolom, mulai dari nama lengkap, tempat/tanggal lahir, pendidikan, hingga fotokopi KTP.

Jangan lupa untuk memasukan nomor ponsel kamu untuk mendapatkan kode OTP.

Setelah itu, langkah selanjutnya kamu sebagai pemilik akun akan diminta mengikut tes awal. Tes ini berupa kemampuan dasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN