Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Betapa Memesona Wisata Sejarah, dari Kuil Langit hingga Atap Sumatera Barat!

20 Februari 2021   16:02 Diperbarui: 20 Februari 2021   22:04 185 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Betapa Memesona Wisata Sejarah, dari Kuil Langit hingga Atap Sumatera Barat!
Ilustrasi pergi liburan. (sumber: pexel via kompas.com)

Sebagai negara dengan peradaban ribuan tahun seperti China bisa berwisata ke beragam situs sejarah jadi sebuah daya tarik sendiri.

Apalagi dengan ribuan kuil dan banyaknya peninggalan kerajaan jadi wisata sejarah yang menyenangkan: karena bukan hanya bentuknya, tapi pelajaran yang bisa kita dapatkan.

Pada akhirnya selain dijadikan tempat beribadah bagi umat Buddha dan penganut Tao, kuil-kuil ada yang sudah menyandang status World Heritage Site.

Semoga setelah pandemi usai, kita bisa kembali jalan-jalan dan mengunjungi banyak tempat wisata bersejarah seperti di China dan negara lainnya.

Berikut ini 5 konten terpopuler dan menarik di Kompasiana pada sub-kategori "Travel" yang asyik untuk disimak.

1. "Temple of Heaven", Kuil Langit di Kota Beijing

Kuil juga menjadi simbol sejarah panjang dan budaya yang sangat tinggi dari negeri Tirai Bambu China. Di antara deretan kuil-kuil ternama yang ada, tulis Kompasianer Tonny Syiariel, nama "Temple of Heaven" atau "Tian Tan" layak disebut sebagai yang paling masyhur.

Kuil tersebut juga lazim disebut sebagai Kuil Langit yang terletak di distrik Dongcheng, bagian tenggara Baijing, Ibukota China.

"Di masa lalu, kuil ini selalu dikunjungi para kaisar dari era Dinasti Ming hingga zaman Dinasti Qing," lanjut Kompasianer Tonny Syiariel menjelaskan.

Nah, pada kuil inilah kaisar-kaisar di era itu menggelar ritual penghormatan agar para dewa mau memberikan hasil panen yang terbaik.

Kuil Langit mulai dibangun dari tahun 1406 hingga 1420 di era Kaisar Yongle dari Dinasti Ming.

Seperti diketahui, Dinasti Ming adalah salah satu dinasti yang paling banyak membangun projek fenomenal selama periode kekuasaannya, dari tahun 1368 hingga 1644. (Baca selengkapnya)

2. Pesona Garmisch-Partenkirchen, dari Pegunungan Bersalju hingga Ngarai yang Membeku

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN