Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Menyoal Tarif Per Artikel Rp 20 Ribu, Jangan Pernah Menyesal Menjadi Penulis!

30 November 2020   05:21 Diperbarui: 30 November 2020   05:25 863 12 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Tarif Per Artikel Rp 20 Ribu, Jangan Pernah Menyesal Menjadi Penulis!
Photo by AbsolutVision on Unsplash

Beberapa hari lalu, tarif satuan artikel menjadi perbincangan hangat di Twitter. Perdebatan tentang tarif penulisan, salah satunya, muncul dari postingan akun @hansdavidian pada 27 November 2020.

Ia menyinggung kompensasi menulis di Terminal Mojok sebesar Rp20.000 per artikel. Uangnya itu pun baru bisa dicairkan jika penulis sudah berhasil menayangkan 10 artikel.

Jadi, berapa sebenarnya tarif layak untuk penulis lepas? Simak opininya bersama 5 konten menarik lain untuk Kompasianer pagi ini, berikut daftarnya:

Tarif Per Artikel Dihargai Rp 20 Ribu, Layak atau Tidak buat Penulis?

Ilustrasi. (Foto: free photos/Pixabay)
Ilustrasi. (Foto: free photos/Pixabay)
Bagi penulis, pembahasan tarif murah ini sangat bermanfaat untuk menyelesaikan sengkarut di dunia penulisan. Selama ini, tiap penulis menghadapi sudut pandang ganda dalam mengukur benefit yang mereka terima.

Pertama, ada penulis yang merasa puas tulisannya telah dimuat di website besar karena dapat dibaca banyak orang. Dibayar berapapun, bahkan gratis sekalipun, bukan persoalan serius.

Kedua, (Baca selengkapnya)

Praha, Kota Pejalan Kaki di Jantung Eropa

Panorama Praha dan Sungai Vltava. Sumber: koleksi pribadi
Panorama Praha dan Sungai Vltava. Sumber: koleksi pribadi
Wisata jalan kaki memang populer di Praha. Dan titik awal "Walking Tour" ini biasanya di mulai dari atas Hradcany, kawasan Kastil Praha. Lalu, turun ke arah Malo Stranka, terus menyeberang lewat Karluv Most (Charles Bridge) menuju Staromestske Namesti (Old Town Square).

Alasan praktisnya, karena lebih mudah dan tidak begitu melelahkan jika dari atas turun ke bawah dibandingkan sebaliknya. Alasan lainnya, tentu saja akan jauh lebih menyenangkan jika tour berujung di alun-alun. (Baca selengkapnya)

Jangan (Pernah) Menyesal Menjadi Penulis!

Ilustrasi Menulis (Sumber gambar: princesasempreendedoras.com)
Ilustrasi Menulis (Sumber gambar: princesasempreendedoras.com)
Kita sudah memutuskan untuk menjadi penulis, entah menjadi penulis amatiran atau profesional. Entah menggunakan sebagian besar waktu untuk menulis atau sebagian kecil saja. Entah dapat uang dari menulis atau tidak. Entah tulisan kita sering menjadi artikel utama atau tanpa label.

Apa pun pilihan pekerjaan kita selalu dengan risiko. Risiko berhasil atau gagal. Risiko terkenal atau tak dikenal. Demikian pula ketika kita memilih menjadi penulis. (Baca selengkapnya)

Melunasi Utang dengan Cara yang Tidak Masuk Akal

Ilustrasi Melunasi Utang (governmentbusiness.co.uk)
Ilustrasi Melunasi Utang (governmentbusiness.co.uk)
Jangan pernah menghindar jika utang ditagih. Memang tidak enak rasanya dimaki-maki oleh sang penagih utang. Namun itu adalah kenyataan hidup yang harus dihadapi.

Menyangkal fakta dengan mencurangi kenyataan hanya akan menimbulkan penderitaan. (Baca selengkapnya)

4 Rekomendasi Netflix Film Romantic-Comedy buat Weekend Kamu

Para pemain The Kissing Booth 2| Source: Netflix
Para pemain The Kissing Booth 2| Source: Netflix
Buat kamu yang butuh tontonan super menghibur untuk menemani weekend di rumah aja karena mager ke mana-mana, this is the answer! Efek samping dari menonton film ini kamu bisa senyum-senyum sendiri sampai ketawa dan bahkan bisa jadi baper sendiri, berharap semuanya jadi kenyataan padahal cuma film, gapapa!

Melarikan diri dari penatnya masalah perduniawian menuju film Netflix yang kocak dan romantis. Here's the list! 4 rekomendasi film yang bisa kamu tonton di Netflix dengan genre Romantic-Comedy. (Baca selengkapnya)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x