Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

(Calon) Guru Mesti Bisa Siapkan Jawaban untuk Murid yang Tidak Suka Mapel Tertentu

29 November 2020   04:43 Diperbarui: 29 November 2020   08:09 384 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
(Calon) Guru Mesti Bisa Siapkan Jawaban untuk Murid yang Tidak Suka Mapel Tertentu
Diana Widayani (36), guru honorer di Sekolah Dasar Negeri 56 Kota Banda Aceh, sedang mengajar siswanya, Sabtu (21/11/2020). (Foto: KOMPAS/ZULKARNAINI)

Ada yang tak kalah penting dan mesti diperhatikan pada perayaan Hari Guru Nasional 2020: menyiapkan sumber daya manusia (SDM) guru untuk pendidikan di masa depan.

Setidaknya kita bisa sama-sama berharap pada mahasiswa yang kini tengah belajar pada disiplin ilmu pendidikan.

Bukan untuk memberi beban, tapi paling tidak mahasiswa inilah calon guru yang tahu, paham, dan memproyeksikan bentuk maupun pola pendidikan di Indonesia.

Selain itu pendekatan multidisiplin juga tidak kalah pentingnya guna menunjang hingga mengembangkan model lain sebagai alternatif.

Selain konten-konten seputar peringatan Hari Guru Nasional 2020, masih ada konten menarik dan terpopuler lainnya di Kompasiana dalam sepekan.

1. Mahasiswa Pendidikan Abad 21, Sudah Seberapa Siap Kompetensimu?

Poin menarik dari pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadeim Makarim memilih frasa "insan pendidikan" untuk mengajak bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi.

Dari sepenggal isi pidato tersebut, Kompasianer Firda Fatimah melihat ada upaya untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas dalam situasi apapun.

Namun, yang menjadi pertanyaan siapa "insan pendidikan" yang dimaksudkan itu?

Bagi Kompasianer Firda Fatimah yang tepat untuk itu adalah "Mahasiswa Pendidikan", karena kelak akan menjadi guru bagi generasi bangsa ini.

"Sebagai mahasiswa (jurusan) pendidikan yang dicetak menjadi calon guru, sudahkah kita siap menghadapi tantangan pembelajaran abad 21 yang semakin kompleks?" tulis Kompasianer Firda Fatimah. (Baca selengkapnya)

2. "Ibu... Aku Tidak Suka Matematika"

Kompasianer Yani Widaningsih berbagi pengalamannya betapa sulit mengajarkan anak selama belajar di rumah. Apalagi jika sudah belajar matematika, "Ibu... Aku tidak suka matematika," kelua anak bungsunya, selalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN