Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Kebun Penuh dengan Bunga, Ada yang Murah dan Mudah Merawatnya

1 Oktober 2020   15:50 Diperbarui: 3 Oktober 2020   06:06 2348 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebun Penuh dengan Bunga, Ada yang Murah dan Mudah Merawatnya
ilustrasi mengajak anak untuk berkebun di rumah. (Sumber: shutterstock)

Meski terbatas dengan ukuran hunian, menghias rumah dengan tanaman hias menjadi pilihan yang tengah digandrungi banyak orang. Terlebih, dengan adanya tanaman hias maka rumah akan terlihat cantik.

Mungkin memiliki tanaman hias akan sedikit lebih merepotkan ketimbang menanam pohon pada umumnya, akan tetapi justru itulah yang menjadi kesenangan tersendiri.

Bahkan beberapa orang ada yang melakukan terapi hingga membuat penghuni rumah tetap segar dan sehat.

Ya, merawat tanaman hias dapat membuat kelembaban udara di rumah, sehingga membantu menenangkan ketika di musim dingin, misalnya. Satu studi menunjukkan bahwa kelembaban di ruangan dapat memperlambat penyebaran virus flu.

Untuk itulah kami coba rangkum 5 cara merawat tanaman hias di rumah supaya lebih banyak orang yang mungkin belum mencoba, lalu jadi tertarik.

1. Tips Merawat Anggrek, Kembang Sepanjang Zaman

Anggrek Cattleya (Foto: Dokumentasi pribadi/Kompasianer Teopilus Tarigan)
Anggrek Cattleya (Foto: Dokumentasi pribadi/Kompasianer Teopilus Tarigan)
Anggrek itu, menurut Kompasianer Teopilus Tarigan, merupakan tanaman hias yang bisa disebut sebagai kembang sepanjang zaman, yang disenangi dan tidak lekang oleh waktu.

Pasalnya, jauh sebelum tanaman Gelombang Cinta hingga kini yang sedang populer Janda Bolong, anggrek telah menjadi tanaman hias yang menjadi idola banyak orang yang menyenangi bunga.

Namun, karena cukup lama sudah memelihara anggrek, Kompasianer Teopilus Tarigan merasa gampang-gampang susah juga merawatnya.

Sebagai contoh, ketika merawat anggrek hal yang perlu diperhatikan yaitu media tanamnya.

"Media tanam anggrek biasanya terbuat dari batang pakis yang dicacah, serpihan tembikar atau batu bata, serta arang. Selain itu, anggrek biasanya lebih suka tumbuh pada pot yang terbuat dari tanah liat," tulisnya.

Susunan media tanam anggrek secara berurutan dari bawah, biasanya mulai dari batu bata, arang kemudian batang pakis yang dicacah. (Baca selengkapnya)

2. Sutra Bombay, si Cantik yang Rajin Berbunga dan Mudah Perawatannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x