Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kompasiana Onloc Bersama SRC, Sukses Digelar di Yogyakarta

2 Desember 2019   15:15 Diperbarui: 2 Desember 2019   15:12 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kompasiana Onloc Bersama SRC, Sukses Digelar di Yogyakarta
Doc Kompasiana

Setelah sukses menggelar acaranya di Semarang, kali ini giliran Yogayakarta! Kompasiana Onloc bersama dengan SRC kali ini mengunjungi beberapa toko kelontong yang ada di Yogyakarta pada Rabu (27/11) lalu.

Kunjungan ini tidak hanya untuk berbelanja saja, tapi para UKM akan diberikan informasi seputar membangun bisnis, menarik konsumen sekaligus bagaimana cara mengelola dan menata toko.

Bersama dengan 10 Kompasianer terpilih, acara dimulai dengan berkumpul di BBY (Bentara Budaya Yogyakarta) kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi toko kelontong RUKUN milik Mas Is di Jalan Parangtritis.

Mas Is memiliki toko kelontong dekat Losmen Rukun yang menjual beberapa produk lokal seperti rempeyek dan makanan khas Parangtritis bagi para wisatawan. Selain itu Mas Is juga turut serta membantu mengembangkan packaging produk lokal seperti menambahkan packaging yang lebih menarik dan menambahkan sticker.

Sesampainya di toko Mas Is sempat berbagi seputar pengalamannya mengapa ikut bergabung dengan SRC. "Saya tau dengan bergabungnya saya dengan SRC toko kelontong saya semakin maju, omset saya semakin meningkat", begitu ujarnya. 

Produk yang dijual oleh Mas Is ini antara lain rempeyek kacang, rempeyek sur, rempeyek cengking dan lain-lain.

"Semoga SRC kedepannya bisa lebih maju dan bisa bersaing dengan toko-toko retail diluar sana", ujar Mas Is.

Doc Kompasiana
Doc Kompasiana
Kunjungan yang kedua adalah ke toko kelontong milik Ibu Rina yang beralamat di Jalan Prawirodirjan gm 2/ 458 RT 24 RW 08. Ibu Rina memiliki usaha bawang goreng.

Dengan mengikuti pojok lokal SRC kini usaha bawang goreng milik Ibu Rina sudah bisa didistribusikan ke kota lainnya selain Yogyakarta, yaitu diantaranya adalah Jakarta dan Surabaya.

"Banyak sekali sisi positif yang saya dapatkan dari SRC ini salah satunya adalah dagangan saya lebih laku dan pembayarannya pun saya akui lebih lancar dan pasti", begitu ungkap Ibu Rina.

Ibu Rina pun mengaku mendapatkan banyak sekali masukan dari program yang sedang ia jalankan saat ini salah satunya adalah mengenai packaging bawang gorengnya. Dulu ia hanya memakai plastik sebelum beralih seperti sekarang menggunakan toples.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x