Kompasiana News
Kompasiana News Editor

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Yang Bisa Dilakukan Saat Terjebak di Dalam Kereta yang Mengalami Gangguan

23 Februari 2019   19:25 Diperbarui: 10 Maret 2019   15:36 382 9 3
Yang Bisa Dilakukan Saat Terjebak di Dalam Kereta yang Mengalami Gangguan
Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019). (KOMPAS. COM/CYNTHIA LOVA)

Jumat malam (22/02/2019), Layanan KRL Commuter Line mengalami gangguan operasional listrik aliran atas (LAA) antara Stasiun Pasar Minggu-Universitas Indonesia. Kemudian pada waktu yang bersamaan, Commuter Line dengan nomor KA 1176 rute Jakarta Kota-Bogor mengalami gangguan operasional di Stasiun Lenteng Agung.

Gangguan malam itu mengakibatkan sejumlah perjalanan terganggu dan penumpukan penumpang. Akhirnya sejumlah perjalanan KRL dari arah Bogor dari Jakarta Kota atau Jatinegara mengalami antrean KRL.

Malam itu juga terlihat beberapa penumpang yang tertahan di Stasiun Pasar Minggu Baru memilih keluar, melakukan proses pengembalian tiket di loket stasiun dan beralih menggunakan moda transportasi lain.

Sedangkan untuk penumpang yang tetap bertahan di dalam kereta beralasan karena masih terlampau jauh dari stasiun tujuan.

"Mending nunggu di sini aja, kalau naik ojol bisa abis berapa coba?" ujar Lani ketika ditanya oleh tim K-News yang malam itu masih sama-sama tertahan di dalam kereta.

Butuh waktu hingga 1 jam untuk bisa sampai di Stasiun Pasar Minggu. Namun, kereta diberangkatkan menggunakan 1 jalur (arah Jakarta) dari Stasiun Pasar Minggu-Pondok Cina. Setelahnya kereta berjalan lancar hingga Stasiun Bogor.

Memang tidak ada yang ingin terjebak di dalam kereta saat mengalami gangguan operasional seperti kejadian semalam. Namun, tentu ada yang bisa dilakukan oleh penumpang kereta selain menunggu kepastian: kapan kereta bisa kembali normal.

1. Ikuti petunjuk yang diinfokan oleh petugas

Setiap kali kereta mengalami gangguan sekecil apapun, petugas yang sedang bertugas di kereta tersebut akan memberi informasi. Meski kadang tidak mengenakan, tapi itu adalah langkah terbaik.

Bahkan, jikapun kereta tidak dapat melanjutkan perjalanan, maka petugas akan menginformasikannya kepada penumpang dan/atau calon penumpang yang hendak menaiki kereta itu.

2. Pantau informasi terkini dari aplikasi dan akun Twitter Commuter line (@CommuterLine)

Sebenarnya kini penumpang kereta sudah dipermudah dengan adanya aplikasi Commuter line (KRL Akses, namanya). Di aplikasi tersebut kita bisa tahu jadwal terdekat yang bisa kita gunakan untuk mengukur waktu tempuh perjalanan.

Tetapi, bagaimana ketika kita sudah di dalam kereta yang mengalami gangguan? Langsung saja cek linimasa CommuterLine di Twitter. Segala informasi terkini dari jadwal, keadaan yang terjadi.

Lewat akun Twitter resmi itu bisa juga digunakan untuk menyampaikan keluhan kepada pihak terkait. Baik itu perihal teknis atau operasional sekalipun.

3. Menunggu atau pilih Moda transportasi lain?

Jika memang memungkinkan dan sedang diburu oleh kegiatan lain, maka menggunakan moda transportasi lain adalah pilihan tepat. Sebab kita tidak pernah tahu seberapa lama penanganan gangguan tersebut.

Namun, jika memang bisa ditunggu, lebih baik menunggu saja.

4. Kabari orang terdekat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2