Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

"Roadshow" di Jakarta, Macau Gaungkan Identitas Kota Gastronomi

8 September 2018   14:04 Diperbarui: 9 September 2018   09:35 1528 0 0
"Roadshow" di Jakarta, Macau Gaungkan Identitas Kota Gastronomi
Seorang pengunjung memilih tiga panganan khas Macau yang dibagikan secara gratis di Bentara Budaya Jakarta (07/09). | Dok. Kompasiana

Sebuah foodtruck bermahkotakan tulisan "Macao", singgah di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (07/09). Puluhan orang berkumpul untuk mencicipi panganan yang dibagikan secara gratis.

Hari itu merupakan pembukaan roadshow yang diselenggarakan Macao Government Tourism Office (MGTO) sebagai bagian dari promo kuliner khas Macau. Tahun ini, mereka memiliki kampanye "2018, Macao Year of Gastronomy". Hal tersebut tak lepas dari ditetapkannya Macau sebagai anggota jaringan kota kreatif UNESCO di bidang gastronomi pada akhir tahun lalu.

Devi Sari, Head of Indonesia Representative MGTO, menjelaskan keunikan kuliner Macau terletak pada perpaduan cita rasa Tiongkok serta Portugis. Contohnya panganan khas seperti Serradura, Portuguese Egg Tart, dan Milk Pudding.

"Ketiganya bisa dibilang makanan yang biasa ditemukan dan dikonsumsi sehari-hari di Macau. Kalau di sini mungkin kayak lemper," ujarnya.

Selain itu hadir pula Mak Mak, sebuah maskot pariwisata Macau yang terpilih melalui mekanisme sayembara. Mak Mak sendiri merupakan black-faced spoonbill, burung laut yang kerap ditemukan di Macau.

Mak Mak, maskot wisata Macau | Dok. Kompasiana
Mak Mak, maskot wisata Macau | Dok. Kompasiana
Gelaran roadshow tak hanya berlangsung di Bentara Budaya, melainkan juga di 9 titik lain Kota Jakarta secara bergiliran. Ini hanyalah satu dari beberapa rangkaian program kampanye MGTO. Rencananya selama empat tahun ke depan sudah ada berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan untuk lebih memperkenalkan gastronomi di Macau.

Untuk yang ingin mencoba rasa tiga dessert khas Macau, Anda bisa memantau informasi lokasinya melalui akun media sosial @macaoindonesia.