Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Siapa Saja Komunitas yang Paling Aktif di Kompasiana Sepanjang 2017?

31 Desember 2017   06:06 Diperbarui: 1 Januari 2018   16:46 991 22 10
Siapa Saja Komunitas yang Paling Aktif di Kompasiana Sepanjang 2017?
llustrasi. Brainstrom.co

Kompasiana hadir tidak hanya sebagai medium yang menampung opini, reportase atau tulisan segar lainnya dari warga. Sebagai platform blog yang menempatkan penggunanya sebagai keunggulan serta kekuatan, Kompasiana juga hadir sebagai wadah dari berbagai komunitas yang turut berinteraksi baik secara online maupun offline.

Dengan alasan inilah kemudian lahir berbagai komunitas yang berdasarkan regional serta peminatan. Secara keseluruhan ada sebanyak 37 komunitas yang telah terbentuk dan seluruhnya memiliki kegiatan-kegiatan yang beragam. Tentu saja, mereka tak hanya berkontribusi untuk Kompasiana tapi juga untuk masyarakat luar. 

Sepanjang tahun 2017 ini tercatat ada sekitar 126 kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas. Dari banyaknya kegiatan yang terselenggara, kami merangkum lima komunitas yang paling aktif melakukan kegiatan selama tahun 2017. Siapa saja komunitas tersebut?

Peringkat 5, Commuter Line Community Kompasiana (CLICK)

Logo CLICK
Logo CLICK

Komunitas yang terdiri dari para pengguna transportasi Communter  Line ini melakukan 5 kegiatan selama 2017. Menjelajahi Kota Tua Jakarta, Istana Bogor, napak tilas ke Museum bersejarah di kawasan ibu kota jadi  kegiatan Click. Selain itu, komunitas ini juga mengadakan lomba menulis yang mengangkat tema yang selalu hangat dan banyak dibicarakan, yakni  tentang toleransi dan kepedulian antar sesama pengguna trasnportasi publik.

Peringkat 4, Kompasianer Penggila Kuliner (KPK)

Logo KPK
Logo KPK

Gerebek  menjadi kegiatan KPK yang paling sering diadakan dan tentu saja dinanti  oleh para anggotanya. Tapi di tahun ini KPK tidak hanya nge-Gerebek  restoran, cafe, dan festival kuliner saja, tapi juga menyelenggarakan  KPK Trip ke daerah Bogor dan mengeksplorasi berbagai jenis makanan dan  kudapan enak di daerah Surya Kencana Bogor yang terkenal itu. KPK  melakukan 6 kegiatan di tahun 2017 ini.

Peringkat 3, Rumpies The Club (RTC)
Rumpies The Club
Rumpies The Club

Salah satu  komunitas fiksi di Kompasiana ini melaksanakan 7 agenda kegiatan di  sepanjang tahun 2017. Mulai dari menggelar sayembara cerita pendek (cerpen) Valentine, fiksi mini hingga mengajak Kompasianer untuk ikut  serta dalam parade pantun nusantara yang tak hanya menjadi event besar dalam rangka memperingati berdirinya RTC, tapi juga bertujuan untuk  melestarikan pantun yang tak dapat dipisahkan dari sejarah sastra di  Indonesia.

Peringkat 2, Komunitas Kompasianer Jogja (K-JOGJA)

Logo K-Jogja
Logo K-Jogja
Komunitas  yang menjadi tempat bernaung Kompasianer asal Yogyakarta ini menjadi  komunitas regional yang memiliki kegiatan terpadat selama 2017, yaitu  sebanyak 30 kegiatan. Mengekplorasi tempat-tempat wisata dan kuliner di  Jogja menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh K-Jogja. Komunitas ini juga tak ragu untuk turun tangan langsung membantu  masyarakat yang menjadi korban bencana alam yang melanda Jogja pada Oktober lalu.

Peringkat 1, Kompasianer Only Movie Enthus(iast) Club (KOMiK)

Logo KOMiK
Logo KOMiK
Siapa  yang tak suka menonton film? Sesuai dengan namanya, komunitas KOMiK  menjadi tempat berkumpulnya mereka yang hobi nonton dan diskusi tentang  film baik dalam maupun luar negeri. Selama tahun 2017 ini ada 44  kegiatan yang dilakukan oleh KOMiK. Tak hanya nonton bareng dan diskusi  tentang film yang sedang hitssaja, tetapi KOMiK juga beberapa kali menyelenggarakan lomba menulis tentang perkembangan film dan juga peran sineas perempuan dalam memajukan perfilman di Indonesia.

---

Kegiatan dalam komunitas menjadi salah satu sarana untuk mempererat soliditas dan solidaritas antaranggota komunitas. Semoga di tahun 2018 mendatang akan ada lebih banyak kegiatan yang dilakukan oleh komunitas lainnya. Jelang akhir tahun, yuk rencana program kerja komunitasmu sekarang. (ndy/yud)