Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Peluncuran iPhone 8, Apakah Benar-benar Istimewa?

13 September 2017   17:22 Diperbarui: 15 September 2017   15:42 2040 1 1
Peluncuran iPhone 8, Apakah Benar-benar Istimewa?
Sumber: ONeillLogistics.com

Peluncuran perangkat Apple terbaru yakni iPhone 8 dan iPhone X rasanya kurang begitu mengejutkan karena banyaknya informasi yang sudah bocor tersebar ke khalayak umum. Namun, sebetulnya apa saja pembaharuan dan keistimewaan yang dimiliki iPhone 8 dan iPhone X ini?

Selain artikel headline mengenai peluncuran generasi iPhone terbaru tersebut, terdapat juga artikel mengenai film horror IT yang yang menarik banyak perhatian, tarif tol Jagorawi, menghabiskan banyak uang untuk bimbel anak, dan kenyataan 1200 pilot Indonesia yang menganggur. Berikut lima headline pilihan Kompasiana.

1. iPhone 8 Tak Lagi Mengejutkan?

iphone-8-size-comparison-idrop-news-vs-apple-e1496616342419-59b79cd5a7249b4948236742-59b900c42ba8d167903153d2.jpg
iphone-8-size-comparison-idrop-news-vs-apple-e1496616342419-59b79cd5a7249b4948236742-59b900c42ba8d167903153d2.jpg

Tahun 2017 ini Apple meluncurkan perangkat terbarunya, yakni iPhone 8 dan iPhone X. Peluncuran iPhone kali ini terasa semakin istimewa karena bertepatan dengan 10 tahun iPhone berdiri. Namun, sayangnya terdapat banyak informasi yang "bocor" di luar sana, sehingga kemunculannya tak begitu "mengejutkan".

Beberapa fitur yang diperbaharui pada seri iPhone ini adalah penguranganbezelatau tepi layar, yakni hanya 4mm setiap sisinya. Kamera belakang juga mengusung lensa ganda yang disusun vertikal. Selain itu, iPhone 8 dikabarkan menghilangkan Home Button. Sama dengan iPhone 7, iPhone 8 masih tidak menyediakan lubang khusus untukearphone.

Selengkapnya

2. IT, Teror Badut Rekaan Stephen King yang Bikin Takut

Pennywise, sosok badut penebar teror di kota Derry (dok. IMDB)
Pennywise, sosok badut penebar teror di kota Derry (dok. IMDB)

Film horror yang menghantui bulan September ini memang bagus-bagus. Salah satunya yang booming dan ditunggu-tunggu penonton adalah film IT. Film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King ini merupakan remake dari film IT tahun 90-an. Kualitasnya? Tidak kalah keren!

Walaupun bintang utamanya adalah badut dan anak-anak, tapi film ini sangat mencekam bahkan membuat penonton merasa terteror.

Sang sutradara Andy Muschietti juga tak berbasa-basi, teror ketakutan langsung dipertontonkan pada sepuluh menit pertama. Bahkan selama 135 menit penonton diberikan berbagai adegan mengerikan yang membuat kaget berulang-ulang.

Selengkapnya

3. Tol Jagorawi, Selangkah Lagi Mungkin Gratis

Sumber: https://finance.detik.com/
Sumber: https://finance.detik.com/

Baru-baru ini PT. Jasa Marga menaikkan tarif tol Jagorawi serempak menjadi 6500 (untuk kendaraan golongan 1) tanpa melihat jarak.

Dengan bertambahnya tahun, saking macetnya tol Jagorawi, Jasa Marga berhasil mengalihkan beberapa titik kemacetan dengan membuat gerbang tol baru. Salah satunya adalah antara Cawang-Taman Mini diatasi dengan memindahkan beberapa gerbang tol.

Dengan sistem terbaru yang diterapkan mulai 8 September kemarin, Jasa Marga "meniadakan" gerbang Cibubur dan Cimanggis. Pengguna dari arah Jakarta menuju Bogor langsung bayar di Bogor. Sebaliknya pengguna yang menuju Jakarta membayar biaya tol di Bogor atau di pintu masuk lainnya. Mungkin nantinya untuk mengatasi macet, gerbang tol Bogor dan Ciawi akan "dihapus" juga.

Selengkapnya

4. Apakah Penting Menghabiskan Banyak Uang Demi Bimbel Anak?

image by prelo.co.id
image by prelo.co.id

Memasuki tahun ajaran baru, biasanya anak sekolah yang akan mengadapi Ujian Nasional (UN) akan berlomba-lomba untuk mendaftar bimbel. Para orangtuapun gemar mencari bimbel terbaik agar sang anak nantinya bisa menghasilkan prestasi yang membanggakan.

Beberapa bimbel pun mematok tarif bervariasi dengan fasilitas yang beragam. Ada yang mematok harga tinggi dengan jaminan garansi bila sang anak tidak diterima di sekolah/universitas tertentu (sekolah unggulan).

Untuk memutuskan mengikuti bimbel atau tidak, pada dasarnya harus disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri, terutama kondisi finansial keluarga. Jika tidak mampu, tidak usah terlalu dipaksakan. Terbukti banyak siswa non bimbel yang berhasil masuk sekolah favorit dengan nilai yang tak kalah bagus dari siswa bimbel.

Selengkapnya

5. 1200 Lulusan Sekolah Penerbang Indonesia Nganggur!

Sumber ilustrasi: beritatrans.com
Sumber ilustrasi: beritatrans.com

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) akhirnya angkat bicara mengenai 1.200 pilot Indonesia yang ternyata masih menganggur. Hal ini sudah terjadi sejak lama.

Mendirikan sekolah penerbangan tidak mudah. Dengan berbagai fasilitas yang harus dimiliki dan izin yang lama dikeluarkan dari pemerintah, rasanya mustahil apabila Menhub BKS masih menyatakan banyak pilot menganggur akibat sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang memadai.

Padahal, dengan mahalnya biaya untuk sekolah pilot, seharusnya para pemilik perusahaan penerbangan swasta nasional bisa "dipaksa" dengan peraturan menteri untuk mengalokasikan penggunaan pilot dengan pemuda pemudi dari bangsa sendiri.

Selengkapnya

(FIA)