Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

[Update Peserta] Ayo Ikutan Kompasiana Nangkring Bersama SKK Migas

14 Agustus 2015   11:56 Diperbarui: 24 Agustus 2015   19:53 1144 17 23

[caption caption="Kompasiana dan SKK Migas mengadakan Kompasiana Nangkring Bersama SKK Migas pada 28 Agustus 2015."][/caption]Hingga saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) merupakan salah satu kontributor utama penerimaan negara. Namun, masih ada sebagian masyarakat Indonesia yang meragukan kemampuan industri ini dalam memberikan manfaat bagi sektor lainnya.

Adalah tugas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk memantau, mengawasi dan mengendalikan aktivitas industri hulu migas di Indonesia. Sebagai salah satu lembaga negara, SKK Migas menerapkan kebijakan yang mewajibkan kontraktor migas untuk mengutamakan perusahaan nasional sebagai pemasok barang dan jasa.

Tak hanya itu saja, SKK Migas juga memberlakukan aturan dalam pelaksanaan pembayaran kepada penyedia barang dan jasa melalui bank yang berada di wilayah Indonesia dengan mengutamakan penggunaan Bank Umum Nasional.

Kontribusi lain dapat dilihat dengan persentase tenaga kerja hulu migas. Sejak 2008 hingga saat ini, penggunaan tenaga kerja Indonesia (TKI) mencapai angka 96 persen dari total tenaga kerja permanen. SKK Migas juga mendorong kontraktor KKS untuk meningkatkan kompetensi TKI, salah satunya melalui program penugasan internasional. Kebijakan program-program tersebut merupakan bukti bahwa sektor hulu migas mampu memberikan manfaat bagi sektor lainnya.

Melalui acara Kompasiana Nangkring, SKK Migas ingin mengajak Anda untuk menambah pengetahuan serta wawasan seputar kontribusi sektor hulu migas terhadap Indonesia. Anda juga dapat mengetahui kinerja dan pencapaian dari SKK Migas. Untuk rincian acara, simak informasi di bawah ini.

  • Acara: Kompasiana Nangkring Bersama SKK Migas
  • Tema: Kontribusi Sektor Hulu Migas terhadap Indonesia
  • Hari/tanggal: Jumat, 28 Agustus 2015
  • Waktu: 14.30 – selesai (harap hadir lebih awal untuk proses registrasi ulang)
  • Tempat: Ruang Serba Guna SKK Migas, Gedung City Plaza Komplek Wisma Mulia Lt. P9 – Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta Selatan
  • Pembicara: Kepala Bagian Hubungan Masyarakat SKK Migas Elan Bintoro
  • Moderator: Kompasiana
  • Kuota: 30 Kompasianer
  • Aktivitas:
    • Tur ke Emergency Response Center (ERC)
    • Talkshow
    • Flash Blogging Competition
    • Quiz

Selain talkshow, acara akan diisi dengan sesi Tur ke ERC, dimana Anda bisa melihat proses pengaturan dan pengawasan setiap aktivitas operasional minyak dan gas bumi yang terjadi di seluruh pelosok Indonesia. Pada sesi ini, Anda bisa melakukan reportase seputar Tur ke ERC melalui live tweet competition dengan menyertakan hashtag #SKKMigas dan #Nangkring serta mention @HumasSKKMigas. Ada hadiah uang senilai Rp 500.000,- untuk masing-masing 5 (lima) Kompasianer dengan tweet paling menarik. Selain itu, akan ada sesi kuis berhadiah uang senilai Rp 300.000,- untuk masing-masing 5 (lima) pemenang.

Khusus acara ini, Kompasiana juga mengadakan flash blogging competition. Untuk mengikuti kompetisi ini, Anda harus menuliskan opini, reportase atau ulasan menarik seputar acara dan tema pembicaraan. Tulisan harus ditulis secara on the spot kemudian di-submit ke Kompasiana selama acara berlangsung, karena proses penjurian dan pengumuman akan dilakukan pada hari yang sama. 3 (tiga) tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah uang masing-masing senilai Rp 1.500.000,-. Jadi, pastikan Anda membawa laptop atau gadget untuk mengikuti acara ini.

Tertarik untuk menjadi bagian dari acara ini? Segera kirimkan email ke kompasiana[at]kompasiana[dot]com dengan subyek “Nangkring SKK Migas” dan sertakan data diri sebagai berikut:

  • Nama
  • URL akun Kompasiana
  • Alamat
  • Nomor telepon

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda! Untuk mencari tahu event Kompasiana lainnya yang sedang berlangsung, silakan klik di sini.

Daftar Peserta:

  1. Panji Arimurti
  2. Popy Indriana
  3. Ganendra
  4. Muthiah Alhasany
  5. Niko Simamora
  6. Ofi Sofyan Gumelar
  7. Hilman Mulya Nugraha
  8. Rushans Novaly
  9. Seneng Utami
  10. Agung Han
  11. Syifa Ann
  12. Jaya Nasti
  13. Edrida Pulungan
  14. Amirsyah
  15. Agoes Widjanarko
  16. Nuzulul Arifin
  17. Zaidi Rahmadani
  18. Unggul Sagena
  19. Yulia Rahmawati
  20. Wildan Hakim 
  21. Mohamad Sobari
  22. Yesi Hendriani Supartoyo
  23. Tia Marty
  24. Aryanto Wijaya
  25. Sally Fauzi
  26. Atrasina Adlina
  27. Nurtya Juhairina Devi
  28. Sairin Al Brebesiy
  29. Dede Ariyanto
  30. Bob S. Effendi
  31. Rio Manalu
  32. Fajri Satria Hidayat
  33. Tauhid Patria
  34. Uci Junaedi
  35. Cecilia Anninditya