Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Kompasiana Coverage: Bernyanyi untuk Beramal bersama SOS Children’s Villages

28 Maret 2016   20:55 Diperbarui: 4 April 2016   22:41 307 9 3

[caption caption="SOS Children's Village dan Capri Everitt Bernyanyi untuk Beramal di Indonesia "][/caption]Setiap anak di dunia mempunyai hak yang harus dipenuhi baik oleh orang tua, masyarakat, maupun negara. Pada 1923 silam, seorang tokoh perempuan bernama Eglantyne Jebb membuat 10 pernyataan hak-hak anak yang kemudian disahkan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadi Konvensi Hak-hak Anak pada 1989. Konvensi Hak-hak Anak, adalah perjanjian antar bangsa-bangsa mengenai hak-hak anak

Adanya Konvensi Hak-hak Anak tidak lantas membuat anak-anak di berbagai belahan Dunia hidup sejahtera. Masih banyak anak yang menjadi korban dalam berbagai keadaan mulai dari bencana alam seperti gempa bumi, erupsi gunung, tsunami, gelombang pasang, konflik antarsuku, kemiskinan, dan sebagainya. Pada saat bencana terjadi, yang menjadi korban tak lain adalah masyarakat. Namun, ibu, anak, orang disabilitas, dan lansia adalah yang paling rentan mengalami kekerasan dan kematian selama bencana. Beruntungnya, di Indonesia hal tersebut telah dituangkan dalam Undang-undang Penanggulangan Bencana Nasional Nomor 24/2007 yang mengatur tentang kelompok rentan saat bencana.

Sebuah organisasi nirlaba bernama SOS Children's Villages fokus memperjuangkan pemenuhan hak-hak dasar anak, khususnya pengasuhan. Saat ini, SOS Children's Villages sedang menggalang dana untuk anak-anak di seluruh Dunia yang terkena dampak perang, kemiskinan, perubahan iklim, atau keadaan yang tidak menguntungkan lainnya. Penggalangan dana ini bertajuk Around The World in 80 Anthems yang berkeliling ke-80 negara di seluruh Dunia. Yang menarik adalah  SOS Children's Villages turut menggandeng seorang anak berusia 11 tahun asal Kanada bernama Capri Everitt dan ia akan menyanyikan lagu kebangsaan di 80 negara yang dikunjungi. Perjalanan dimulai pada 20 November 2015 seiring dengan perayaan Universal Children's Day UNICEF di Ottawa, Kanada.

[embed width="506" height="285"]https://www.youtube.com/embed/D4rxijTl5Eo[/embed]

[embed width="506" height="285"]https://www.youtube.com/embed/YTreiEcKvTI[/embed]

Kompasiana dan SOS Children's Villages ingin mengajak Kompasianer untuk berpartisipasi dalam aksi amal Capri Everitt di Indonesia. Capri Everitt akan menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi oleh paduan suara anak-anak, Paduan Suara Anugerah dan grup perkusi anak-anak asuhan SOS Children's Villages, Lampu Percussion. Yuk simak rincian acara kegiatan di bawah ini:

  • Hari/Tanggal: Minggu, 3 April 2016
  • Waktu: 07.00 – 10.00 WIB
  • Tempat: Area Car Free Day, Depan UOB Plaza, Sarinah-Thamrin Jakarta
  • Kuota: 10 Kompasianer (akan mendapatkan goodie bag dari SOS Children's Villages)

Kegiatan:

  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama Capri Everitt
  • Penampilan Paduan Suara Anugerah (paduan suara anak-anak)
  • Penampilan Perkusi Anak-Anak SOS Children Village

Untuk mendaftarkan diri, segera kirimkan email ke kompasiana[at]kompasiana[dot]com dengan subyek email “Daftar SOS Children’s Village” dan sertakan data diri sebagai berikut:

  • Nama
  • URL akun Kompasiana
  • Alamat
  • Nomor telepon

Segera daftarkan diri Anda untuk ikut berpartisipasi membantu anak-anak yang kurang beruntung di luar sana! Untuk informasi event Kompasiana lainnya silakan klik di sini.

(LBT)

 

Daftar Peserta:

  1. Efa Masriana Butar-butar
  2. Tina Purbo
  3. Khairunisa Maslichul
  4. Rahayu Setiawati Damanik
  5. Asih Setiyaningrum
  6. Muhamad Ricki Cahyana
  7. Sutiono
  8. Satrio Daniel Botka
  9. Dina Mardiana
  10. Yogi Setiawan