Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Menerka Kode Manuver Politik Petahana

30 November 2022   23:34 Diperbarui: 1 Desember 2022   04:02 585
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diolah Kompasiana dari KOMPAS.com

Bagaimana Kompasianer melihat acara sukarelawan Jokowi di GBK pada Sabtu (26/11/2022) lalu? Pesan politik apa yang kiranya ingin disampaikan lewat acara tersebut?

Pada pertemuan tersebut, muncul pernyataan Jokowi seperti "melemparkan kode" pemimpin yang memikirkan rakyat: Wajahnya yang penuh kerutan dan rambutnya yang memutih.

Kode ini pun ditangkap oleh kawan dan lawan politiknya dengan kode yang tak kalah menarik. Bahkan ada yang mengungkapkannya dengan bergurau.

Misalnya Ridwan Kamil yang memasang fotonya dengan editan rambut putih. Sebaliknya, Ganjar Pranowo malah mengunggah foto lawasnya saat masih berambut hitam. Warganet yang malah mengunggah foto anime dan sosok non-politikus lainnya yang berkerut dan berambut putih.

Tak berhenti di situ. Warganet juga dikejutkan oleh video yang beredar berisi Ketua BP2MI Benny Ramdhani yang meminta izin tempur dengan orang yang menghina presiden.

Kompasianer, bagaimana menurutmu kode yang terlontar dari acara tersebut? Kira-kira apa lagi kode-kode yang akan dilontarkan oleh kubu petahana? Bagaimana sebaiknya sepak terjang lawan politiknya menanggapi kode-kode tersebut?

Bagaimana juga komentarmu mengenai digunakannya GBK sebagai ruang perjumpaan relawan Jokowi, ketika ada narasi bahwa GBK tidak boleh digunakan untuk konser? Belum lagi sampah yang menumpuk setelahnya?

Buat konten mengenai isu ini. Tambah label Relawan Jokowi (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun