Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Kalau Harga Mi Instan Naik, Tanggal Tua Makan Apa Dong?

11 Agustus 2022   07:30 Diperbarui: 11 Agustus 2022   15:42 954 33 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi mi instan yang belum dimasak. (Diolah kompasiana dari sumber: SHUTTERSTOCK/chatiyanon via kompas.com)

Kompasianer, kabarnya harga mi instan bakal naik nih. Apa kabar anak kos? Apakah nantinya mi goreng di warkop harganya bakal jadi 30.000?

Mi instan biasanya menjadi andalan banyak orang untuk mengatasi situasi darurat lapar. Harganya murah dan rasanya sudah pasti enak. Tinggal tambah telor dan sawi, makan malam pun langsung berasa mewah.

Maka tak heran kalau mi instan menjadi penyelamat masyarakat Indonesia dan ehem.. masyarakat Nigeria (yang tak percaya kalau mi instan terpopuler di negaranya ternyata diimpor dari Indonesia).

Tetapi, kabarnya, harga mi instan ini diprediksi bakal naik, seperti dikatakan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Penyebabnya, tak lepas dari tingginya harga gandum sebagai dampak perang Rusia-Ukraina.

Kabar ini tentunya membuat sedih banyak kalangan. Tapi, kayaknya ini bisa jadi momentum tepat deh untuk bisa lepas dari ketergantungan kita dari gandum. Toh, bukankah kita punya banyak alternatif pangan lokal?

Selain beras dan gandum, sebenarnya ada banyak karbohidrat lain lho di Indonesia. Misalnya singkong, ubi, kentang, jagung, sagu, sorgum, talas, kimpul, gadung, dan masih banyak lagi.

Kompasianer apa pangan utama lainnya yang tumbuh di daerahmu dan bisa jadi alternatif gandum dan beras? Berapa harganya? Bagaimana ketersediaannya saat ini? Jika enggan berpindah ke pangan tersebut, apa alasannya?

Jika kamu punya trik untuk mengakali tingginya harga gandum, yuk berbagi triknya. Apakah dengan mulai mengeksplorasi resep mengolah umbi, jagung, dan sagu?

Bagikan opini dan tips dari kamu mengenai naiknya harga mi instan di Kompasiana dengan menyematkan label Mi Instan Naik pada tiap konten yang kamu buat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan