Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

Konvoi Mobil Mewah Lolos Tilang

27 Januari 2022   19:18 Diperbarui: 28 Januari 2022   05:30 337 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi supercar konvoi. (Diolah kompasiana dari sumber: autoevolution.com via kompas.com)

Mengapa bersikap sopan dan kooperstif bisa membuat seseorang atau sekelompok orang lolos dari jerat hukum? Dan apakah sikap demikian bisa menjadi preseden yang buruk?

Sejumlah pengendara mobil mewah konvoi hingga melakukan dokumentasi di Jalan Tol Depok-Antasari, tepatnya di KM 02+400, Jakarta Selatan, Minggu (23/1) siang. Aksi para pengendara lantas menghambat pengendara lain.

Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya yang berada di lokasi memberhentikan rombongan mobil mewah tersebut dan hanya memberikan sanksi teguran.

Kabar tersebut pun ramai dan banyak dipertanyakan, mengapa hanya sanksi teguran.

Dilansir Kompas.com, Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno mengakui bahwa petugas tidak menilang, hanya memberikan teguran.

Hal itu karena para pengendara tersebut membawa kelengkapan surat-surat kendaraan dan mengakui kesalahannya yang melaju pelan di jalan tol.

"Hanya dilakukan peneguran sama anggota di lapangan. Pemobil juga kooperatif, memohon maaf, dan mengakui kesalahan. Dia juga berjanji tidak akan lakukan kesalahan lagi," ungkap Sutikno.

Kompasianer, bagaiamana opini kamu terkait peristiwa ini? Apakah hal demikian akan menjadi preseden yang baik atau buruk ke depan?

Bagikan opini kamu terkait hal tersebut di Kompasiana dengan menyematkan label Konvoi Mobil Mewah pada tiap konten yang kamu buat.

Optimasi kontenmu di Kompasiana!
Optimasi kontenmu di Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan