Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

"Nusantara" Jadi Nama Ibu Kota Baru, Setujukah?

19 Januari 2022   19:00 Diperbarui: 20 Januari 2022   13:00 1475 32 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Desain final istana negara IKN Baru (Gamabr diolah Kompasiana dari sumber: Instagram/Nyoman_Nuarta via regional.kompas.com)

Kompasianer, masih ingatkah kamu rencana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia ke Kalimantan Timur yang digaungkan 2019 lalu?

Dengan semakin dekatnya rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, tahukah kamu bahwa pemerintah juga telah memilih nama ibu kota negara baru menjadi "Nusantara"?

Melalui Suharso Monoarfa (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapennas), ia menurutkan bahwa nama "Nusantara" dipilih pemerintah melalui pertimbangan yang panjang. Penamaan "Nusantara" dikarenakan kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan menggambarkan kenusantaraan Republik Indonesia.

Namun sayangnya, pasca diumumkan penamaan ibu kota negara baru, kritik pun bermunculan, salah satunya dari sejarawan, JJ Rizal. Menurutnya sebutan "Nusantara" bukan hanya dikotonomis dalam artian kewilayahan tetapi juga peradaban.

Lalu, bagaimana tanggapan Kompasianer atas penamaan ibu kita negara menjadi "Nusantara"? Apakah Kompasianer setuju dengan nama "Nusantara", atau justru sebaliknya, nama tersebut dirasa kurang cocok?

Seandainya kamu dilibatkan dalam pemilihan nama ibu kota negara baru, kira-kira nama apa yang cocok disematkan? Mengapa kamu memilih nama tersebut dan apa filosofi di dalamnya?

Terakhir, apa harapan Kompasianer untuk pemerintah agar ibu kota negara baru bisa menjadi smart city di masa depan?

Mari, tulis topik ini dengan menambahkan label Nusantara pada tiap konten yang dibuat.

Optimasi Kontenmu di Kompasiana!
Optimasi Kontenmu di Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan