Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Gerakan Pemuda di Media Sosial

27 Oktober 2021   17:31 Diperbarui: 28 Oktober 2021   04:36 617 42 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diolah Kompasiana dari Pexels

Apakah kamu menyadari bahwa setahun belakangan ini anak muda kian gencar mengandalkan media sosial (medsos) sebagai ruang untuk mengangkat isu-isu sosial?

Dari medsos, warganet dapat membantu mengadvokasi kasus pelecehan seksual yang dipendam bertahun-tahun. Dari medsos, kita semua membantu seorang kakak menemukan adiknya yang hilang sejak lama.

Dari medsos, kita bersama-sama mengkritik penerapan hukum, mengkoreksi birokrasi, berdialog, dan mengapesiasi kinerja pihak-pihak yang profesional.

Betapa generasi muda dapat menunjukkan bahwa gerakan sosial tak harus dibangun dari pertemuan-pertemua yang kini terhalang pandemi. Gerakan sosial juga dapat dimulai dari medsos. Dari genggaman. Dari dunia yang mereka akrabi sehari-hari.

Pemuda dan pemudi --terutama dari gen Z-- juga menunjukkan bahwa kritik yang dilontarkan oleh generasi pendahulunya tak selamanya benar. Gen Z juga bisa memperjuangkan value meski dengan cara yang kurang dipahami generasi seelumnya.

Memperingati hari Sumpah Pemuda yang tahun ini bertema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh", gerakan digital para anak muda ini dapat menjadi satu indikasi baik bagaimana generasi mendatang dapat bersatu, bangkit dan tumbuh dengan cara yang khas.

Yang perlu kita tanamkan adalah semoga generasi muda Indonesia itu sendiri dapat terus menggunakan medsos dengan lebih dewasa, bijak, dan menghayati nilai-nilai keindonesiaan pada setiap aktivitasnya.

Bagaimana Kompasianer melihat geliat generasi muda dalam menggunakan medsos? Apakah mereka telah mencerminkan tema Sumpah Pemuda 2021?

Tulis opini, pengalaman, kritik/saran dengan menyematkan label Sumpah Pemuda 2021 pada setiap konten yang dibuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan