Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Menjadi Santri 5.0

21 Oktober 2021   22:10 Diperbarui: 22 Oktober 2021   16:26 288 22 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diolah Kompasiana dari ANTARA FOTO/ARDIANSYAH via KOMPAS.com

Kompasiaer, sudahkah kita siap menjadi masyarakat 5.0 dalam beberapa tahun mendatang? Dan bagaimana pula peran santri dalam konteks masyarakat era tersebut?

Para santri adalah salah satu elemen bangsa Indonesia yang memiliki peranan penting. Peranan itu jelas tak bisa dipinggirkan dan kuat berakar sebagai salah satu elemen yang membangun sejarah Indonesia.

Yang kini tengah menjadi tantangan bagi Santri adalah tak terelakkannya perwuduan masyarakat 5.0 di waktu mendatang. Masyarakat 5.0 mensyaratkan kemampuan manusia dalam pengendalian teknologi sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal guna peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Nah, Kompasianer dinamika apa saja sih menurut Kompasianer bakal bagi tantangan para santri dalam menghadapi era masyarakat 5.0? Dan bagaimana cara menjawab tantangan tersebut?

Apakah dengan cara menguatkan basis ilmu informatika/pemrograman, literasi digital, dan digital marketing sejak usia dini? Bagaimana hal tersebut dapat pula menguatkan aspek pendidikan keagamaan dan sebaliknya?

Bagaimana pula etiket bermedia sosial dan etika teknologi yang kita harapka supaya santri dapat menjadi pelopor dan panutan bagi teman-teman seusianya?

Dalam rangka Hari Santri tahun ini, yuk bagikan opini kamu terkait hal tersebut di Kompasiana dengan menyematkan label Hari Santri 2021 pada tiap konten yang kamu unggah.

Optimasi kontenmu di Kompasiana!
Optimasi kontenmu di Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan